Mohon tunggu...
Juandi Manullang
Juandi Manullang Mohon Tunggu... Penulis Lepas

Alumnus FH Unika ST Thomas Sumut IG: Juandi1193

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Gopay Lebih Perkasa dibanding Ovo Bagi Milenial

19 Juli 2019   23:37 Diperbarui: 19 Juli 2019   23:42 0 0 0 Mohon Tunggu...
Gopay Lebih Perkasa dibanding Ovo Bagi Milenial
Pedagang sayur menggunakan aplikasi Gopay (ANTARA/Muhammad Iqbal)

Kita pasti tahu aplikasi pembayaran digital yang dimiliki oleh Gojek Indonesia yaitu Gopay lebih perkasa dibandingkan aplikasi pembayaran digital yang dimiliki Grab Indonesia yaitu Ovo.

Dilansir dari mediaindonesia.com, 11/7/2019, bahwa dalam laporan hasil survei yang dirilis Alvara Research Center bertajuk 'Perlaku dan Preferensi Konsumen Milennial Indonesia terhadap Aplikasi E-Commerce 2019' di Jakarta, Kamis (11/7), brand awareness Go-Pay mencapai 100% di kalangan milenial. Angka ini mengungguli para pemain lain seperti OVO yang berasosiasi dengan Grab (96,2%), Dana (50,3%), PayTren (47%), LinkAja (35%).

Hal itu terkait bahwa Ovo dinilai menawarkan banyak promo atau diskon menarik, namun dari  sisi performa keamanan maupun kecepatan, Gopay lebih unggul, yakni dengan skor 9,1 dan 9,4 dibanding 6,5 dan 6,5 yang dicatatkan Ovo.

Nah, dari hasil survei itu dapat kita ketahui bahwa ada kelebihan dan kekurangan dari penyedia jasa pembayaran digital tersebut, namun masyarakat terutama milenial tetap menginginkan dan mengutamakan namanya keamanan dan kecepatan pembayaran maupun pengiriman.

Memang secara umum, masyarakat senang dengan banyaknya promo dan diskon karena dapat membantu peningkatan pembelian dan perekonomian, namun di sisi lain keamanan juga perlu bersama kecepatan. Kalau kita cermati dan amati, dimanapun kita berada perlu namanya keamanan diri, data pribadi maupun barang dan lain sebagainya.

Siapapun tak mau bila aplikasi pembayarannya dapat dipergunakan atau dibobol pihak lain karena itu akan merugikan. Begitupun kecepatan dalam pembayaran dan pengiriman tetap menjadi yang utama di masyarakat. 

Sebab itulah wajar bila survei itu menyebutkan Gopay lebih perkasa bila dilihat dari keinginan masyarakat terhadap keamanan dan kecepatan aplikasi pembayaran digital itu.

Hal itu juga senada dengan apa yang dilakukan pihak pengelola Kompasiana yang mempergunakan aplikasi pembayaran digital Gopay dalam pembayaran K-Rewards bagi  para kompasianer. Kita menginginkan pengiriman dana itu cepat dan tepat serta keamanan juga terjaga. 

Bagaimanapun kita butuh keamanan dan kecepatan dalam bertransaksi di era digital yang semakin canggih ini. Promo atau diskon bukanlah segala-galanya, tetapi keamanan dan kecepatanlah untuk masa kini yang lebih dicari.

Apalagi bagi wirausahawan yang berdagang melalui sistem digital, maka harus mampu memastikan barang yang dibeli konsumennya dapat cepat sampai dan aman pula. 

Nah, dari contoh itu membuktikan bagaimana masyarakat lebih menyukai keamanan dan kecepatan dalam bertransaksi ketimbang sekedar promo. Semoga Gopay tetap menjadi primadona dan aplikasi seperti Ovo juga dapat mengimbangi demi membantu perekonomian rakyat.

VIDEO PILIHAN