Mohon tunggu...
Juan alexander
Juan alexander Mohon Tunggu... Hai, saya Juan

Juan Alexander Supriatna

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Generasi Penerus Bangsa

23 Februari 2021   11:49 Diperbarui: 23 Februari 2021   12:16 63 1 0 Mohon Tunggu...

"Berilah aku semilyun orang tua, maka aku akan sanggup memindahkan gunung Merapi dari tempatnya; dan berilah aku sepuluh pemuda yang bersemangat besar, niscaya aku akan sanggup menggemparkan dunia."-Ir. Soekarno. Seperti itulah kata-kata yang terucapkan tentang pemuda dari Presiden pertama Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bagi beliau kemajuan suatu negeri akan ditandakan dari pemuda, seorang yang akan menentukan negeri akan maju atau malah membuat suatu negeri terbelakang.

Tapi, tahukah anda siapa itu pemuda? Jika dilihat dari Undang-Undang Nomor 40 tahun 2009 tentang Kepemudaan. Pemuda adalah warga negara Indonesia yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia dari 16 (enam belas) sampai ke umur 30 (tiga puluh) tahun. 

Dan Kepemudaan adalah hal-hal yang memiliki kaitan dengan potensi-potensi pemuda, karakter yang dimiliki pemuda, hak, tanggung jawab, dan cita-cita pemuda. Maka dari itu, kita harus mengetahui apa peran pemuda terhadap negeri ini. 

Karena, kita sendiri adalah seorang pemuda. Yang pasti nantinya akan membawa negeri ini maju dan yang akan membawa harum nama indonesia. 

Suatu kemerdekaan negara tidak bisa diambil dengan mudah dan pastinya suatu kemerdekaan yang didapatkan, karena adanya semangat merdeka pada masyarakat di suatu negara. Yang sama halnya terjadi pada negara tercinta kita Indonesia. 

Kemerdekaan yang didapatkan oleh Indonesia pastinya tidak jauh dari peran pemuda. Dengan itu kita perlu mengetahui bagaimana peran pemuda terhadap perjuangan bangsa. 

Pada masa Kemerdekaan Indonesia yang tidak jauh dari campur tangan pemuda-pemuda Indonesia, yang melahirkan suatu organisasi-organisasi, salah satu contohnya yaitu Budi Utomo. Organisasi yang dibentuk pada tahun 1908. Tidak hanya organisasi Budi Utomo, organisasi-organisasi lainnya ikut berdiri seperti memberikan suatu kesadaran terhadap negeri ini untuk berjuang demi Kemerdekaan Indonesia. 

Selain terbentuknya Boedi Utomo, terdapat suatu persepakatan, yang terjadi pada kongres pemuda kedua, yang menyebabkan perubahan tata negara dimulai. Yaitu terbentuknya Sumpah Pemuda, yang menjadi satu kesepakatan untuk menjadikan Negara Indonesia bersatu melalui gerakan Sumpah Pemuda. Dan masih banyak hal-hal yang dilakukan perjuangan pemuda untuk negeri ini. 

Secara tidak langsung, kita warga yang berumur 16 sampai 30 tahun dapat berperan dalam perjuangan bangsa. Bukan berjuang untuk kemerdekaan, tapi untuk memajukan negara dan memperjuangkan ekonomi global, HAM, dan kita sebagai pemuda yang akan menaruh posisi Indonesia di kaca dunia. 

Hal-hal yang kita dapat lakukan seperti, memberikan ide dan pendapat kita, berjuang melawan masalah yang timbul didalam negeri ini. "Perjuanganku lebih mudah karena melawan penjajah. Tapi perjuangan kalian akan lebih berat, karena melawan saudara sendiri," seperti itu kata Ir.Soekarno. 

Perjuangan kemerdekaan untuk negeri ini memang sudah usai. Namun, keadilan yang ada di negeri ini masih sedikit keberadaanya. Beberapa masyarakat di negeri ini masih mementingkan kepentingan dirinya sendiri. Ditambah kita tidak tahu lawan kita siapa. Karena itu, perjuangan kita akan tidak kalah pentingnya dibandingkan perjuangan kemerdekaan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN