Mohon tunggu...
Juan AirellNathaniel
Juan AirellNathaniel Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Khatolik Parahyangan

Unpar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Logika dan Berbahasa Sebagai Warga Negara

9 April 2022   17:05 Diperbarui: 9 April 2022   17:07 101
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sebelumnya perkenalkan saya, Juan Airell Nathaniel dari kelompok 10 telah mengikuti geladi hominisasi pada tanggal 3 april 2022. Proses geladi tersebut dimulai dengan pemberian tugas pra geladi dimana kita diminta untuk menonton video Indonesia raya stanza 3, lalu dari situ kita diberikan beberapa pertanyaan mengenai bagaimana kita memaknai lagu tersebut dan apa pendapat menurut pemikiran kita. Pada hari geladi dilaksanakan, para fasilitator membagikan materi-materi pembekalan bagi para mahasiswa yang hadir saat itu.

Setelah itu,kita dibagi ke dalam kelompok kecil dengan teman-teman dari berbagai jurusan dan diminta untuk saling berkenalan. Selanjutnya, kami diberi waktu selama 1 jam untuk bekerja sama mempersiapkan presentasi yang akan dilaksanakan setelahnya. Setelah saya mengikuti geladi merasa mendapatkan banyak hal yang bisa direfleksikan dalam diri saya.

Refleksi yang saya dapatkan dari geladi ini adalah saya mendapatkan banyak pembelajaran baru, juga diharuskan belajar untuk dapat bekerjasama dan berdinamika dalam kelompok bersama orang yang baru kita kenal. Setelah saya mengikuti geladi Hominisasi, saya merasa sangat perlunya kemampuan menggunakan logika dan bahasa sebagai warga negara.

Kita sebagai warga negara pastinya menginginkan negara kita maju,maka dengan logika bisa membuat kita berpikir dengan kritis dan logis untuk membuat gagasan pemikiran baru bagi bangsa serta mengomunikasikan gagasan itu dengan kemampuan berbahasa yang baik dan benar agar  tersampaikan dengan benar.

Kemampuan yang saya pelajari dalam geladi Hominisasi akan saya terapkan terapkan dalam perjalanan kuliah yaitu dengan berpikir logis,berbahasa yang baik,bisa berdiskusi dan berdinamika dalam kelompok pembelajaran serta dapat menyampaikan presentasi dengan baik dan benar. Cara saya meningkatkan kemampuan  saya dalam berpikir dengan mengasah terus pengetahuan membaca,mendengarkan informasi yang ada dan menelaahnya secara kritis serta  cara saya meningkatkan berbahasa adalah dengan sering berdikusi bersama teman,menyampaikan gagasan apapun yang kita punya dan berani berbicara didepan umum.

#unpar
#geladihominisasi
#universitaskatolikparahyangan
#ppilph
#lifeatunpar

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun