Mohon tunggu...
joylitia kezia
joylitia kezia Mohon Tunggu... Mahasiswa LSPR Communications and Business Institute

Hai! Saya adalah seorang mahasiswa angkatan 2019 dengan jurusan Public Relations, saya senang memasak, menulis cerita, dan berkreasi

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Manakah yang Lebih Baik, Mencuci Tangan Vs Hand Sanitzer, dalam Menjaga Kebersihan Tangan Kita?

16 Oktober 2020   15:48 Diperbarui: 17 Oktober 2020   20:22 152 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Manakah yang Lebih Baik, Mencuci Tangan Vs Hand Sanitzer, dalam Menjaga Kebersihan Tangan Kita?
Source: Shenandoah University

Di tengah situasi pandemi yang melanda dunia saat ini, pemerintah menganjurkan kita untuk melaksanakan protokol kesehatan, salah satunya yaitu bahwa kita harus sering menjaga kebersihan tangan. Tapi apakah kita tahu benar mana yang lebih bersih dan aman untuk menjaga kebersihan tangan kita akan kah dengan sering mencuci tangan atau cukup menggunakan hand sanitizer saja?  Yuk mari simak!

Para ahli menganjurkan bahwa agar kita tetap mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir saja, dibandingkan menggunakan hand sanitizer untuk kebersihan tangan kita. Mengapa demikian?

1. Hand sanitizer tidak dapat membasmi semua kuman.

Source: BeritaSatu.com
Source: BeritaSatu.com
Beberapa jenis mikroba lebih efektif dan mudah terbunuh jika kita mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, dan juga virus baru dapat bisa benar-benar hilang dari tangan jika kita menggosok tangan dengan cara yang baik dan benar pada saat mencuci tangan.

2. Kurang efektif untuk tangan yang kotor.

Source: Halodoc
Source: Halodoc
Jika kita membersihkan tangan hanya dengan hand sanitizer tidak efektif membunuh kuman-kuman tersebut diperlukannya sabun dan air mengalir untuk benar-benar membasmi kuman, kecuali jika memang dalam kondisi darurat tidak ada tempat cuci tangan disarankan menggunakan hand sanitizer yang memiliki kadar alkohol 60-95% untuk membunuh kuman-kuman tersebut.

3. Meningkatkan bahan-bahan kimia berbahaya.

Source: Grid Health
Source: Grid Health
Kandungan dalam hand sanitizer justru dapat meningkatkan kadar pestisida dalam tubuh yang dimana kuranglah efektif bagi kita membersihkan tangan hanya dengan menggunakan hand sanitizer.

Berikut ini adalah bukti dimana kalau mencuci tangan itu jauh lebih efektif untuk kebersihan tangan dibandingkan menggunakan hand sanitizer : 

Ketika sebelum mencuci tangan  

Source: World Economic Forum
Source: World Economic Forum
Membersihkan hanya menggunakan hand sanitizer

Source: Business Insider
Source: Business Insider
Membersihkan tangan dengan cara mencuci tangan selama 30 detik 
Source: Business Insider
Source: Business Insider
                                                                            
Dan berikut perbandingan dimana mencuci tangan paling efektif dilakukan selama 30 detik di mana kondisi tangan akan benar-benar bersih :

Source: Instagram @kristenanniebell
Source: Instagram @kristenanniebell
                                                           
Maka dari itu, untuk menjaga kebersihan yang jauh lebih efektif dan higienis lebih baik dengan mencuci tangan dengan cara yang baik dan benar serta efektif selama 30 detik agar kuman dan bakteri yang menempel pada tangan bisa mati dan benar-benar hilang. Tetapi, jika pun terpaksa kita tetap membawa hand sanitizer juga kemana-mana untuk menjaga kebersihan tangan bilamana kita tidak dapat mencuci tangan secara langsung. 

Mari kita bersama-sama untuk tetap menjaga kebersihan tangan kita, stay hygiene, stay safe, and stay healthy!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x