Mohon tunggu...
Jovan Daniel
Jovan Daniel Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Teknik Industri Universitas Diponegoro

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Meningkatkan Kesadaran Ergonomi dan K3 pada UMKM di Kelurahan Pakintelan

10 Agustus 2022   15:00 Diperbarui: 10 Agustus 2022   15:18 106 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto bersama Pelaku UMKM Kelurahan Pakintelan dalam Sosialisasi "Menuju UMKM yang Berkelanjutan". Dokpri

Pakintelan, Semarang (31/07/2022) – UMKM Aneka Kripik Dua Bersaudara adalah salah satu UMKM di Kelurahan Pakintelan yang sudah beroperasi lebih dari lima belas tahun. 

Produk unggulannya berupa kripik singkong, kripik pisang, rempeyek kacang tanah, dan lain sebagainya. UMKM ini merupakan usaha keluarga milik Pak Asrori, yang juga biasa dipanggil sebagai Pak Hilal, bersama istri.

Penataan Gudang Produk Jadi UMKM Aneka Kripik Dua Bersaudara. Dokpri
Penataan Gudang Produk Jadi UMKM Aneka Kripik Dua Bersaudara. Dokpri

Dalam menjalankan proses produksi kripik, Pak Hilal menempatkan penyimpanan bahan baku dan tempat penggorengan di luar ruangan, sedangkan produk jadi diletakkan di dalam ruangan. Namun, penyimpanan yang dilakukan, khususnya untuk produk jadi, masih cukup berantakan sehingga perlu dibenahi. 

Oleh karena itu, Mahasiswa KKN Tim II Undip 2021/2022 memperkenalkan salah satu prinsip dalam manajemen pergudangan yang biasa disebut sebagai 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin). 

Tujuan dari prinsip ini tidak hanya sekedar bersih-bersih gudang atau tempat kerja, tetapi juga menjadi cara untuk mengatur, mengelola, dan memperbaiki tempat kerja untuk mengeliminasi hal atau proses yang mengakibatkan pemborosan. 

Mahasiswa KKN Undip bekerja sama untuk menata penyimpanan barang jadi agar tidak terasa sesak serta lebih mudah untuk mencari dan menyortir barang. Selain itu, poster edukasi prinsip 5R juga diberikan sebagai pengingat bagi pelaku UMKM untuk selalu membudayakan prinsip 5R dari waktu ke waktu.

Demonstrasi Postur Kerja yang Ergonomis kepada Pelaku UMKM Aneka Kripik Dua Bersaudara. Dokpri 
Demonstrasi Postur Kerja yang Ergonomis kepada Pelaku UMKM Aneka Kripik Dua Bersaudara. Dokpri 

Di samping itu, alat dan bahan yang digunakan dalam proses produksi kripik masih digunakan dan dipindahkan secara manual menggunakan tenaga manusia. 

Pada dasarnya kegiatan ini merupakan hal yang lumrah, namun jika hal ini tidak dilakukan dengan postur kerja yang benar, orang yang melakukannya dapat berisiko terkena gangguan otot dan rangka (musculoskeletal disorders). 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan