Mohon tunggu...
Joshua Stefanuslee
Joshua Stefanuslee Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Be Gratefull, UAJY

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Melihat dan Memahami Jurnalisme Masa Kini dan Jurnalisme Masa Depan serta Tantangan untuk Jurnalis Masa Depan

10 Oktober 2021   16:46 Diperbarui: 10 Oktober 2021   16:47 90 2 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: Humasindonesia.com

Jurnalisme Masa kini banyak mengalami perubahan daripada jurnalisme sebelumnya. Dimana dalam jurnalisme masa kini banyak orang yang menggunakan internet untuk mengakses berita yang disediakan secara online. Dimana Jurnalisme masa kini lebih bergerak ke arah jurnalisme masa depan.

Masyarakat dalam Jurnalisme masa kini tidak lagi berlangganan koran ataupun membaca koran untuk mengakses berita. Masyarakat hanya perlu mengakses berita menggunakan Hp yang didukung oleh adanya internet.

Jurnalisme masa kini banyak mengalami perubahan, ditambah lagi karena adanya pandemi Covid-19 ini yang membuat jurnalisme harus melakukan inovasi-inovasi baru dalam membuat berita.

Apa Itu Jurnalisme Masa Kini?

Jurnalisme masa kini telah mengarah ke jurnalisme masa depan. Dimana dalam jurnalisme masa kini, media-media masa tidak hanya lagi menyebarkan informasi berita melalui media cetak, tetapi juga sudah melakukan revolusi menjadi media online ataupun jurnalisme online.

Dalam jurnalisme masa kini masyarakat dapat mengakses berita-berita dan mendapatkan berita yang mereka inginkan melalui Internet. Pengaksesan tersebut juga tidak perlu membutuhkan waktu yang lama.

Pada Jurnalisme Masa Kini, audiens ataupun pembaca tidak hanya membaca berita tersebut, melainkan bisa membuat beritanya sendiri. Kita dapat mempublikasikan hasil tulisan kita melalui Blog maupun Media Sosial dengan mudah.

Hal-hal ini terjadi dalam jurnalisme masa kini. Dimana masyarakat sudah mendapatkan kemudahan dalam memproduksi, distribusi, maupun mengakses sebuah berita.

Dalam jurnalisme masa kini, kita dengan mudah menyebar luaskan berita yang telah dibuat dengan bantuan teknologi dan juga internet. Seperti contohnya kita bisa memposting berita yang telah kita baca di akun Instagram kita, maupun di Twitter atau di media sosial lainnya.

Jurnalisme pada masa kini terbagi menjadi dua jenis yaitu Jurnalisme Online dan jurnalisme multimedia

Apa itu Jurnalisme Masa Depan?

Jurnalisme Masa Depan lebih mengarahkan kita untuk mengakses media atau membuat suatu berita menjadi lebih cepat untuk disebarkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan