Mohon tunggu...
Joshua ArielRajagukguk
Joshua ArielRajagukguk Mohon Tunggu... STT HKBP PEMATANG SIANTAR

NEW MARVELOUS TEAM

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Sikap Agama terhadap Perkembangan Iptek

28 November 2019   00:45 Diperbarui: 28 November 2019   02:37 11052 2 0 Mohon Tunggu...

Pengertian agama menurut kamus besar Bahasa Indonesia agama merupakan suatu kepercayaan kepada Tuhan yang maha Esa. Sedangkan, pengertian agama secara umum adalah suatu kepercayaan dan penyembahan terhadap kuasa dan kekuatan sesuatu yang luar biasa diluar diri manusia.

Manfaat dari agama terbilang tidak sedikit, diantaranya adalah agama dapat memberi kita tujuan atau tuntunan hidup, dikarenakan agama menuntut kita untuk beribadah, berbuat baik, dan mematuhi setiap hokum atau peraturan dalam agama yang dianut.

Yang kedua adalah dapat memberi kita jawaban atas pertanyaan yang tidak bisa dijawab pada umumnya, salah satunya yang paling sering ditanyakan adalah, pertanyaan "apa yang terjadi setelah kita meninggal?"

Kita tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut hanya dengan pengetahuan di dunia ini, dengan adanya agama pertanyaan tersebut mendapatkan jawaban bahwa jikalau kita menyebarkan kebaikan selama kita hidup, kita akan menuju sorga.

Tetapi sebaliknya, jika kita menyebarkan kebencian selama kita hidup, kita akan jatuh kedalam neraka. Yang ketiga, dengan adanya agama kita dapat mengenal hal yang baik dan yang mana yang tidak sesuai dengan aturan aturan dalam agama yang dianut. Aturan tersebut bertujuan agar manusia tidak merugikan diri sendiri, merugikan orang lain maupun mahluk hidup lain.

IPTEK merupakan ilmu yang mempelajari atau mendalami tentang teknologi. IPTEK merupakan hal yang sedang berkembang, terutama dalam era Revolusi Industri 4.0 ini yang dimana masyarakat dunia maupun Indonesia sudah banyak yang memakai teknologi untuk kegiatan sehari hari, tetapi IPTEK juga memiliki dampak negative yang dapat merugikan kehidupan manusia.

Di antaranya, IPTEK dapat merusak moral seseorang yang dimana konten konten yang berada didalam internet dapat merusak moral seseorang contohnya seperti Pornografi dan Cybercrime. Selanjutnya, IPTEK dapat membuat orang menjadi malas, hal tersebut dikarenakan dengan IPTEK segala hal yang ada di dunia ini terasa lebih mudah untuk didapatkan, tidak jarang ada orang yang menjadi malas dikarenakan adanya hal tersebut.

Tetapi di balik hal tersebut ada hal positif yang dapat kita dapatkan dari IPTEK yaitu, IPTEK dapat menyelesaikan pekerjaan kita menjadi lebih mudah, dengan adanya IPTEK kita dapat mencari informasi di dunia ini dengan cepat, dan dengan adanya IPTEK manusia dapat membawa dirinya menuju zaman yang lebih modern.

Agama dan IPTEK pada saat ini memiliki beberapa kemungkinan hubungan yang akan terjadi. Pertama Agama dan IPTEK bisa hidup berseberangan atau bertentangan, yang kedua Agama dan IPTEK dapat hidup bertentangan tetapi masih bisa hidup berdampingan secara damai, selanjutnya Agama dan IPTEK dapat hidup tanpa ada pertentangan,yang terakhir Agama dan IPTEK dapat hidup dengan saling mendukung satu sama lain yang dimana agama mendasari pengembangan IPTEK dan IPTEK mendasari penghayatan agama.

Pola hubungan yang pertama itu adalah berseberangan atau bertentangan, yang maksudnya adalah IPTEK dan Agama saling tolak menolak. Karena, apa yang dianggap benar oleh agama, tidak dianggap benar oleh IPTEK, demikian juga sebaliknya. Pengembangan IPTEK akan menjauhkan orang dari keyakinan akan kebenaran Agamanya dan pendalaman agama akan menjauhkan orang dari keyakinan dan kebenaran ilmu pengetahuan..

Orang yang ingin menekuni agama cenderung akan menjauhi perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi. Pola kehidupan seperti ini pernah terjadi pada zaman sebelumnya, yaitu pada zaman Galileo-Galilei, yang dimana galileo mempercayai bahwa dalam sistem semesta bumi mengitari matahari, sedangkan gereja pada masa itu mempercayai bahwa mataharilah yang mengitari bumi, dikarenakan hal tersebut Galileo dipersalahkan dan Galileo dihukum karena dianggap menyesatkan masyarakat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN