Mohon tunggu...
joseph bungaran
joseph bungaran Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa Universitas Airlangga Prodi Ilmu Informasi dan Perpustakaan

memiliki hobi dan minat dalam bidang menulis

Selanjutnya

Tutup

Surabaya Pilihan

Perpustakaan Keliling Surabaya: Mendorong Peningkatan Literasi di Kota Pahlawan

19 Juni 2024   16:33 Diperbarui: 19 Juni 2024   17:36 100
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Surabaya. Sumber ilustrasi: KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA

Di tengah dinamika perkembangan teknologi dan arus informasi yang sangat cepat di dapat pada sat ini, literasi menjadi kunci utama bagi masyarakat dalam mengakses sumber pengetahuan. Salah satu media perantara literasi ini, melalu perpustakaan keliling. Perpustakaan keliling merupakan perpustakaan yang menyediakan berbagai buku, majalah maupun kebutuhan informasi lainnya. 

Untuk layanan dan implementasinya sama halnya dengan perpustakaan-perpustakaan umum yang menetap, bedanya perpustakaan keliling ini hanya memberikan kesan cukup berbeda dan unik dengan menggunakan kendaraan roda empat yang dapat berpindah-pindah dari suatu tempat ke tempat lain dan memiliki beberapa rute yang dapat dikunjungi oleh masyarakat, baik daerah perkotaan padat penduduk maupun daerah pinggiran.

Kota Surabaya, sebuah kota yang tidak hanya dikenal karena sejarah kepahlawanan dalam perjuangan kemerdekaan, tetapi juga memperkuat reputasi kotanya sebagai pusat kegiatan budaya dan pendidikan di Indonesia. 

Sebagai kota penggerak literasi, pemerintah setempat terus berupaya meningkatkan literasi minat baca pada masyarakatnya, salah satunya melalui perpustakaan keliling. Perpustakaan keliling muncul sebagai tonggak penting dalam upaya meningkatkan literasi di. Program ini tidak hanya memberikan akses mudah ke berbagai literatur, tetapi juga menjadi pendorong bagi pembangunan intelektual dan sosial di Kota ini.

Melalui perpustakaan keliling yang dikelola oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya. Perpustakaan keliling ini merupakan salah satu program yang dirasa dapat memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan literasi pada masyarakat Kota Surabaya. Tantangan utama dalam meningkatkan literasi adalah akses yang tidak merata terhadap bahan bacaan. 

Terutama untuk daerah-daerah pinggiran kota atau pedesaan, perpustakaan umum mungkin tidak selalu mudah dijangkau. Perpustakaan keliling Surabaya menjawab tantangan ini dengan membawa buku-buku dan media pembelajaran langsung ke masyarakat. 

Dengan menggunakan kendaraan yang dilengkapi dengan rak buku yang beragam, program ini tidak hanya mempermudah akses, tetapi juga memberikan kesempatan kepada semua lapisan masyarakat untuk menikmati literatur yang bermanfaat.

Selain itu, Perpustakaan keliling surabaya ini juga bertujuan untuk menjangkau kelompok-kelompok masyarakat yang mungkin masih kesulitan atau memiliki kendala dalam mengakses perpustakaan umum, seperti penyandang disabilitas, anak jalanan, lansia, dll. 

Dengan memberikan akses kemudahan terhadap bahan bacaan yang relevan, perpustakaan keliling Surabaya sebagai lembaga informal pendidikan, dimana semua masyarakat mendapatkan sumber pengetahuan  dan membantu meningkatkan kesejahteraan hidup.

Perpustakaan keliling surabaya memiliki beberapa rute yang dapat dikunjungi, selain berkunjung ke sekolah-sekolah perpustakaan keliling surabaya juga hadir ke tempat-tempat publik yang sering dikunjungi masyrakat sebagai hiburan rekreasi. 

Seperti di Taman Prestasi, Taman Harmoni Putih, Taman Flora, dan Taman Bungkul. Masyarakat yang berkunjung dapat menggunakan perpustakaan keliling ini bukan hanya membaca saja tetapi dapat memberikan rekreasi dan hiburan yang baru membaca di tempat suasana yang berbeda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Surabaya Selengkapnya
Lihat Surabaya Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun