Mohon tunggu...
Jose
Jose Mohon Tunggu... Guru - Saya Hose merupakan seorang guru. Saya memiliki pengalaman mengajar masih sangat mudah, kurang lebih empat tahun. Dan saya memiliki kesempatan menulis kolaborasi serta memiliki karya pribadi.

Saya Hose merupakan seorang guru. Saya memiliki pengalaman mengajar masih sangat mudah, kurang lebih empat tahun. Dan saya memiliki kesempatan menulis kolaborasi serta memiliki karya pribadi.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Gagasan Bertelur, Mau Dibawa ke Mana?

7 Februari 2023   20:04 Diperbarui: 7 Februari 2023   20:27 160
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona


Terasa sunyi, tak ada siswa berseliwiran di pintu masuk dan lorong menuju kelas. Semua terlihat tenang tak ada yang hentakan kaki di lantai dua. Wah, ternyata hari ini (Selasa, 7 Februari 2023) siswa di liburkan. Ada apa ya? Wah, hari ini ada acara 100 tahun NU di Gelangang Olah Raga (GOR) Sidoarjo. Dan semua pelajar  diliburkan, proses pembelajaran dilakukan secara daring.

Saya telah berada di sekolah pukul 6.25 WIB. Awalnya ada semangat bertatih-tatih untuk mengajar. Ya, saya mengalami trouble dengan laptop saya sehingga proses pembelajaran daring  terhambat. Apakah saya menyerah? Ya, masih ada cara yang dapat saya lakukan, yaitu saya memberikan informasi untuk memulai pembelajaran malalui WhatsApp chat, sembari mencari informasi tentang masalah laptop di YouTube.

Tepat pukul 7.25 WIB saya memulai pembelajaran dengan menggunakan media zoom. Ada sedikit berbeda ketika situasi belajar secara daring dimulai. Proses pembelajaran hari ini bersama siswa kelas VIII SMP Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo.

Pembelajaran di mulai dengan saling sapa dan doa. Brainstroming merupakan langkah awal untuk melunakkan pikiran siswa sebagai langkah awal untuk membuka proses pembelajaran inti.

Materi pun disajikan dalam bentuk diskusi. "Sarana dan Keselamatan Manusia" merupakan topik pembahasan kami. Saling tanya-jawab menghiasi percakapan kami. Tujuan pembelajaran kami desain bersama. Saya mencoba mengajak keterlibatan siswa untuk membuat tujuan pembelajaran. Dari hasil diskusi itulah saya mengambil intisarinya sebagai tujuan pembelajaran.

Kami mencoba berdiskusi bersama dan mendapatakan pemahan bersama mengenai materi hari ini. Nah, pada tahap pendalaman materi, saya meminta siswa untuk mencari informasi demi menjawab beberapa pertanyaan yang saya ajukan. Kini waktunya mereka memberikan jawaban dari masing-masing pertanyaan tersebut.    

Apa yang harus saya lakukan di waktu senggang?   Sembari mengawasi siswa menyelesaikan tugas yang diberikan, saya menggunakan waktu untuk membaca buku.

Jatuh-Bangun Steve Jobs merupakan  judul buku yang saya baca. Saya memiliki kebiasaan membawa buku bacaan ke ruang kelas. Diwaktu senggang tentu saya akan membacanya. Kenapa saya lakukan ini?

Sederhana saja apa yang saya pikirkan. Jika saya tidak membaca maka saya akan ketinggalan informasi (pengetahuan). Dan tentu saja akan berdampak pula terhadap minimnya perbendaharaan kata ketika berbicara di hadapan siswa.

Pernah gak Bapak Ibu, mengalami pengulangan kata-kata dalam berbicara? Tentu saja hal ini adalah hal yang menarik untuk dibahas, bukan?

Ketika saya mengalami hal itu, saya mencoba untuk mencari cara. Cara yang saya lakukan adalah dengan membaca buku atau sejenisnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun