Mohon tunggu...
Jose Hasibuan
Jose Hasibuan Mohon Tunggu... Guru - Seorang abdi bangsa

Tertarik pada dunia pendidikan, matematika finansial, life style, kehidupan sosial dan budaya. Sesekali menyoroti soal pemerintahan. Penikmat kuliner dan jalan-jalan. Senang nonton badminton dan bola voli.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Drama Korea, Kok Mendunia?

8 Januari 2021   22:10 Diperbarui: 8 Januari 2021   22:14 884
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Drama Korea | sumber gambar : www.fanpop.com

Ngomongin drama korea sepertinya memang tidak ada habisnya. Kecuali bagi saya yang hanya pernah nonton 2 drama korea jadul, Meteor Garden dan Jewel in The Pallace.

Serial Meteor Garden saya tonton dulu waktu masa-masa ABG akhir, ketika akan meninggalkan dunia anak sekolah. Sedangkan drama Jewel in The Pallace, tertarik untuk menontonnya karena saat itu hampir semua orang membicarakannya.

Namun sekarang, jangan tanya pada saya: drama korea apa yang sedang ngehits? Atau aktor dan aktris korea apa yang sedang banyak digandrungi saat ini? Sudah pasti saya harus googling dulu untuk cari jawabannya, haha ...

Namun karena Blogcomp Maraton Awal Tahun Kompasiana mengharuskan saya yang terlanjur komit untuk menulis gak bolong-bolong tanpa membolos selama 14 hari, yo wis lah, saya jawab tantangan Kompasiana untuk menulis tema drama korea favorit versi saya.

Tetapi saya juga sedang tidak mengupas tuntas 2 drama korea yang saya sebutkan di atas. Hingga saat ini, saya belum pernah menulis ulasan film atau drama, dan saya belum punya bekal apapun untuk mereview sebuah film atau drama.

Artikel saya kali ini lebih untuk mencari jawaban dugaan terkait judul yang saya tulis di atas, mengapa drama korea bisa populer dan mendunia saat ini.

Bicara soal serial drama yang mendunia, bagi kita yang bukan dari generasi milenial, pasti ingat bagaimana populernya telenovela atau opera sabun sebelum boomingnya drama korea. Sebut saja telenovela Esmeralda, Rosalinda atau Betty La Fea yang hits di tahun 90an.

Jika dibandingkan dengan serial telenovela yang cukup akrab dengan adegan kekerasan dan seksualitas, drama korea sepertinya lebih 'ramah' dengan penonton Asia dan Timur Tengah.

Sepertinya, inilah alasan pertama, mengapa drama korea bisa menggusur popularitas telenovela. Ketika menonton drama korea, penonton Asia dan mungkin juga dari Timur Tengah, tidak perlu melakukan banyak sensor karena adegan intim dan aksi kekerasannya bisa dibilang jauh lebih sedikit.

Kalau bicara tema-tema yang diangkat, drama korea lebih banyak mengusung cerita yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Karena alasan inilah, para penggemar drama korea merasa melihat realitas kehidupannya sendiri sehingga jadi menarik untuk diikuti alur ceritanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun