Mohon tunggu...
Jose Hasibuan
Jose Hasibuan Mohon Tunggu... Seorang abdi bangsa

Tertarik pada dunia pendidikan, matematika finansial, life style, kehidupan sosial dan budaya. Sesekali menyoroti soal pemerintahan. Penikmat kuliner dan jalan-jalan. Senang nonton badminton dan bola voli.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Sistematika Laporan PTK dalam Kegiatan PPG Daljab Tahun 2020

5 November 2020   22:11 Diperbarui: 6 November 2020   00:08 4217 37 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sistematika Laporan PTK dalam Kegiatan PPG Daljab Tahun 2020
Dokumentasi Pribadi Pelaksanaan PTK oleh Penulis

Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) adalah upaya menuntaskan sasaran guru dalam jabatan untuk memperoleh sertifikat pendidik. Pada tahun 2020 ini, PPG Daljab dilaksanakan full secara daring.

Setiap guru peserta PPG Daljab selanjutnya mengikuti program pendidikan secara online melalui Learning Management System (LMS) dengan difasilitasi oleh Dosen dari LPTK pelaksana dan guru pamong pada setiap modul pembelajaran.

Modul pertama yang dipelajari adalah terkait kompetensi profesional dan pedagogik sesuai dengan materi pelajaran yang diampu. Selanjutnya, setelah menuntaskan pembelajaran pada modul pertama, mahasiswa PPG Daljab akan mempelajari modul pengembangan perangkat pembelajaran.

Pada modul pengembangan perangkat pembelajaran, mahasiswa PPG Daljab akan mendalami bagaimana melakukan analisis kurikulum, menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pengembangan bahan ajar, LKPD, media pembelajaran serta perangkat evaluasi pembelajaran.

Selanjutnya, setelah perangkat pembelajaran selesai disusun, mahasiswa PPG Daljab akan dibimbing oleh Dosen Fasilitator dan Guru Pamong untuk melakukan review perangkat pembelajaran. Kegiatan review perangkat ini bertujuan agar mahasiswa melakukan refleksi untuk kesempurnaan perangkat yang disusun serta mendapatkan masukan dan penguatan dari Dosen Fasilitator dan Guru Pamong.

Di akhir kegiatan review perangkat pembelajaran, mahasiswa PPG Daljab juga dituntut untuk menyusun Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang akan dilaksanakan saat kegiatan Program Pengalaman Lapangan (PPL).

Proposal PTK yang dirancang terdiri dari 3 siklus dari 3 paket perangkat pembelajaran yang diterapkan saat PPL. Produk akhir dari pelaksanaan PTK ini adalah laporan PTK sebagai laporan akhir pelaksanaan PPL pada PPG Daljab Tahun 2020.

Bagaimana Sistematika Laporan PTK yang dituntut pada PPG Daljab 2020?

Pada bagian awal, format Laporan PTK berisi halaman judul, kata pengantar, daftar isi, dan jika ada dilengkapi dengan daftar tabel dan daftar gambar. Selanjutnya pada bagian awal ini akan ditutup dengan daftar lampiran.

Pada bagian utama, Laporan PTK terdiri dari 5 bab, yaitu pendahuluan, kajian teoritis, metode penelitian, hasil dan pembahasan, serta pada bab terakhir memuat bab penutup berisi simpulan dan rekomendasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x