Mohon tunggu...
Jose Hasibuan
Jose Hasibuan Mohon Tunggu... Seorang abdi bangsa

Tertarik pada dunia pendidikan, matematika finansial, life style, kehidupan sosial dan budaya. Sesekali menyoroti soal pemerintahan. Penikmat kuliner dan jalan-jalan. Senang nonton badminton dan bola voli.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

3 Langkah Sederhana Membuat Video Pembelajaran bagi Guru

4 Oktober 2020   16:53 Diperbarui: 5 Oktober 2020   12:16 3681 56 10 Mohon Tunggu...
Lihat foto
3 Langkah Sederhana Membuat Video Pembelajaran bagi Guru
Ilustrasi Diolah Pribadi

Video Pembelajaran merupakan media pembelajaran yang mengkombinasikan visual dan audio untuk menyampaikan pesan-pesan pembelajaran baik berupa konsep, prinsip, prosedur, teori aplikasi pengetahuan.

Video Pembelajaran sering digunakan guru untuk membantu peserta didik memahami materi pembelajaran, memperjelas dan mempermudah penyampaian pesan agar tidak terlalu bersifat verbal.

Setiap orang dapat belajar dengan baik sesuai dengan kemampuan indranya dalam mengolah informasi yang didapat. Beberapa orang bisa belajar dengan baik melalui kegiatan literasi membaca buku. Beberapa yang lain lagi bisa belajar dengan lebih baik dari media berupa gambar dan suara.

Dalam masa pembelajaran daring saat ini, video pembelajaran menjadi pilihan baik untuk mengatasi keterbatasan waktu dan ruang. Melalui video pembelajaran yang dibuat guru, peserta didik seolah-olah merasakan kehadiran guru walaupun secara virtual.

Video pembelajaran dipilih karena keunggulan karakteristiknya yaitu adanya kejelasan pesan dan mudah digunakan secara individual. Inilah yang membuat akhir-akhir ini banyak guru menjadi YouTuber dadakan dengan mengisi konten video pembelajaran.

Ilustrasi Diolah Pribadi
Ilustrasi Diolah Pribadi
Pada dasarnya, ada 3 langkah utama dalam membuat video pembelajaran, yaitu menulis naskah, melakukan rekaman dan editing video. Tentu saja ketiga langkah ini terkait keterampilan dan pembiasaan, makin sering kita membuat video pembelajaran, maka video yang dihasilkan akan makin baik.

#1 Menulis Naskah Video Pembelajaran
Pengembangan konten media video pembelajaran sudah selayaknya diawali dengan penyusunan naskah. Naskah adalah tahapan rancangan atau pedoman dalam pengembangan konten media video pembelajaran, berisi urutan visual adegan, materi pembelajaran, serta kombinasi audio narasi, music, dan sound effect.   

Membuat naskah video pembelajaran diawali dengan mengidentifikasi siapa sasaran dan topik apa yang akan diangkat, kemudian menuliskan garis besar naskah ke dalam sebuah sinopsis dengan menguraikan alurnya secara terperinci.

Langkah pertama untuk menyusun naskah video pembelajaran adalah melakukan analisa kurikulum. Kegiatan ini dilakukan untuk menjabarkan Kompetensi Dasar (KD) yang ingin dicapai menjadi Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) yang lebih terukur.

Selanjutnya, IPK yang telah disusun dikembangkan menjadi Tujuan Pembelajaran yang akan dicapai oleh peserta didik. Tujuan Pembelajaran inilah yang kemudian dikembangkan menjadi materi pembelajaran yang akan menjadi sinopsis video pembelajaran.

Sinopsis merupakan ringkasan cerita yang diperlukan untuk memberikan gambaran secara ringkas dan padat tentang topik atau materi yang disampaikan secara keseluruhan dalam naskah video pembelajaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN