Mohon tunggu...
Jose Hasibuan
Jose Hasibuan Mohon Tunggu... Seorang abdi bangsa

Tertarik pada dunia pendidikan, matematika finansial, life style, kehidupan sosial dan budaya. Sesekali menyoroti soal pemerintahan. Penikmat kuliner dan jalan-jalan. Senang nonton badminton dan bola voli.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Gugurnya Dokter Oki dan Maknanya bagi Kita

12 September 2020   22:09 Diperbarui: 15 September 2020   09:02 2788 61 10 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gugurnya Dokter Oki dan Maknanya bagi Kita
Ilustrasi tenaga kesehatan, tenaga medis, pekerja medis.(Sumber Gambar: Shutterstock/Eldar Nurkovic)

Selamat Jalan dr. Oki Alfin!

Kabar duka kembali menyelimuti dunia medis tanah air. Salah satu dokter muda pejuang Covid-19 di Provinsi Riau gugur setelah berperang melawan keganasan virus corona.

Ia adalah dr. Oki Alfin, dokter ke 114 yang meninggal akibat Covid-19. Hari ini (12/09/2020) pukul 08.16 WIB, dokter Oki menghembuskan nafas terakhir di RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru setelah mengalami perawatan akibat terpapar virus corona.

Sebelum meninggal dunia, almarhum bertugas sebagai kepala Puskesmas Gunung Sahilan, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Ia merupakan dokter pertama asal Riau yang wafat setelah terkonfirmasi positif Covid-19.

Dokter Oki pergi untuk selamanya dengan meninggalkan seorang istri dan anak laki-laki yang masih berusia 1 tahun 7 bulan. Dalam akun Instagram nya, ia terakhir kali memasang foto putranya tersebut pada 3 September lalu dengan caption "Tengah malam ngajak main yah nak".

Kabar duka ini makin mengiris hati karena istri beliau yang juga merupakan tenaga kesehatan (nakes) berprofesi sebagai seorang bidan, juga sedang dirawat di RS berbeda karena virus corona. Beredar di beberapa WAG yang saya ikuti, video yang menggambarkan suasana duka ketika istrinya dijemput dari RS Petala Bumi untuk turut menyelenggarakan jenazah dokter Oki.

Dikabarkan, Gubernur Riau, H. Syamsuar beserta jajaran serta kerabat almarhum, turut pula menyalatkan jenazah terlebih dulu sebelum dilepas ke tempat peristirahatan terakhirnya sesuai dengan protokoler pemakaman pasien Covid-19.

Kematian Nakes Indonesia Masuk 10 Besar Tertinggi di Dunia

Beberapa waktu lalu, akun Instagram Pandemictalks memberikan catatan terkait tingkat kematian nakes di Indoneisa. Dilaporkan, hingga 3 September 2020, total nakes Indonesia yang meninggal akibar Covid-19 telah mencapai 181 orang. Angka ini merupakan tertinggi kesepuluh di dunia.

Jika dihitung berdasarkan total kasus kematian seluruhnya, maka kematian nakes di Indonesia berkisar di angka 2,3%. Dan ini merupakan persentase kedua tertinggi di dunia setelah Rusia dengan tingkat kematian nakes yang mencapai 3,6% dari seluruh total kematian akibat kasus Covid-19 di negara tersebut.

Apa artinya kehilangan kembali satu nakes, yaitu dengan meninggalnya dr Oki hari ini? Sesuai dengan Indeks Pengaruh Kematian Nakes yang diinisiasi akun Pandemictalks, ini berarti sebanyak 64 ribu orang Indonesia hari ini kehilangan pelayanan kesehatan dari nakes akibatnya kematian dokter Oki.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x