Mohon tunggu...
Jose Hasibuan
Jose Hasibuan Mohon Tunggu... Seorang abdi bangsa

Tertarik pada dunia pendidikan, matematika finansial, life style, kehidupan sosial dan budaya. Sesekali menyoroti soal pemerintahan. Penikmat kuliner dan jalan-jalan. Senang nonton badminton dan bola voli.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Gereja Mulai Dibuka Kembali, Tetap Ibadah di Rumah atau ke Gereja?

5 Juli 2020   17:55 Diperbarui: 5 Juli 2020   17:50 261 34 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gereja Mulai Dibuka Kembali, Tetap Ibadah di Rumah atau ke Gereja?
www.suara.com

"Ibadah di rumah kurang hikmat, ingin segera beribadah ke gereja"

"Ibadah streaming serasa tidak beribadah, saya pilih ibadah di gereja"

"Ibadah adalah masalah hati, bukan soal di gereja atau di rumah saja"

"Selama virus corona masih ada, saya tetap ibadah di rumah saja"

Kalimat-kalimat di atas adalah beberapa pernyataan terkait pilihan ibadah di rumah atau ibadah online dan ibadah di gereja selama pandemi covid-19. Selama 3 - 4 bulan ini, gereja telah ditutup untuk menghindari penyebaran virus corona di rumah ibadah. Pemerintah menganjurkan masyarakat, termasuk warga gereja untuk beribadah di rumah saja bersama keluarga.

Selama ini, saya dan keluarga beribadah di rumah dengan memanfaatkan streaming youtube yang menayangkan live ibadah dari satu gereja. Dengan menggunakan LCD Proyektor yang ditampilkan pada dinding rumah, saya dan keluarga besar dapat beribadah seperti dipimpin oleh Pendeta layaknya di gereja.

Hari minggu (5/7/2020) ini, gereja dimana kami terdaftar sebagai jemaat, seyogyanya akan menjalankan ibadah pertama setelah beberapa bulan ini menutup gereja. Segala persiapan telah dilakukan oleh para pengurus gereja seperti melakukan disinfektan, mengatur kursi gereja, menyiapkan keran untuk keperluan cuci tangan dan sejumlah protokol kesehatan lainnya yang ditetapkan pemerintah untuk memulai new normal di rumah ibadah.

Namun malam tadi, pengurus gereja menginformasikan perubahan dan keputusan menunda dulu melakukan ibadah di gereja. Dalam info yang dikirim melalui WAG gereja tersebut, pengurus menyampaikan bahwa ibadah hari minggu ini ditunda dan jika keadaan membaik maka pelaksanaan ibadah pertama di era new normal akan dilaksanakan minggu depan.

Saya dan keluarga besar sesungguhnya belum memutuskan apakah tetap melanjutkan ibadah di rumah atau datang ke gereja. Saya dan keluarga masih mempertimbangkan beberapa hal, yang akan saya sharingkan dalam tulisan ini.

#1 Tetap Melanjutkan Ibadah di Rumah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN