Mohon tunggu...
Jose Hasibuan
Jose Hasibuan Mohon Tunggu... Seorang abdi bangsa

Tertarik pada dunia pendidikan, matematika finansial, life style, kehidupan sosial dan budaya. Sesekali menyoroti soal pemerintahan. Penikmat kuliner dan jalan-jalan. Senang nonton badminton dan bola voli.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

"Edmodo", Pilihan Kelas Virtual untuk Pembelajaran Online di Masa Pandemi

4 Juli 2020   00:06 Diperbarui: 10 Juli 2020   08:02 124 16 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Edmodo", Pilihan Kelas Virtual untuk Pembelajaran Online di Masa Pandemi
commonsense.org 

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) saat ini telah berperan penting di semua bidang kehidupan. Dalam dunia pendidikan, TIK kini tidak hanya dimanfaatkan untuk proses administrasi pendidikan, tetapi juga untuk penyediaan bahan atau sumber belajar. 

Bahkan di masa pandemi covid-19 sekarang ini, TIK mengambil peran dominan dalam proses pembelajaran untuk memindahkan pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran online. Saat ini, guru-guru sedang disibukkan dengan menyiapkan pembelajaran online yang akan segera dimulai dalam 10 hari mendatang.

Pembelajaran online dengan memanfaatkan kelas virtual atau kelas maya merupakan sebuah upaya untuk menghadirkan pembelajaran yang dilaksanakan kapan saja dan dimana saja.

Ini menjadi solusi dalam dunia pendidikan saat ini untuk tetap menghadirkan pembelajaran yang berkualitas di saat siswa harus banyak belajar dari rumah.

Saat ini pembelajaran online dan kelas virtual telah diterapkan oleh lembaga atau institusi pendidikan dalam pembelajaran formal atau reguler. Beberapa kelas maya yang dapat digunakan dalam pembelajaran antara lain Portal Rumah Belajar, Scoology, Google Class Room dan Edmodo.

Edmodo merupakan website yang memadukan e-learning dan jejaring sosial. Membangun kelas virtual dengan Edmodo lebih menguntungkan karena tidak memerlukan hosting dan lebih user friendly

Kelas maya Edmodo berbentuk website sosial yang menawarkan pembelajaran sama seperti di dalam kelas secara gratis dan mudah digunakan seperti media sosial Facebook.

Pada dasarnya, Edmodo merupakan educational facebook. Fitur yang terdapat pada Edmodo setara dengan Learning Managemen System (LSM) + facebook.

Setiap kelas atau kelompok virtual di Edmodo yang dikelola oleh Guru memiliki kode kelas yang akan digunakan sebagai password bagi siswa untuk masuk kelas. Siswa hanya dapat berkomunikasi ke seluruh kelas atau kelompok dan guru dan tidak terjadi komunikasi pribadi antar siswa.

Posting hanya dikelola oleh guru dan dapat dihapus jika tidak diperlukan. Kepala Sekolah atau Pengawas dapat ikut serta dalam kelas dan melihat aktivitas kelas. Demikian pula orang tua dapat disertakan untuk melihat aktifitas kelas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN