Mohon tunggu...
Karir

Kompetensi yang Harus Dimiliki Generasi Milenial dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0

10 Maret 2019   17:16 Diperbarui: 10 Maret 2019   17:27 8925 1 0 Mohon Tunggu...

Saat ini, kita telah memasuki era revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan pemanfaatan teknologi digital yang mendorong otomasi dan pertukaran data dalam teknologi manufaktur. Era revolusi industri keempat ini mengacu pada bagaimana teknologi seperti kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), teknologi robotik, dan internet saling memengaruhi kehidupan manusia.

Studi menunjukkan teknologi seperti kecerdasan buatan akan menghilangkan beberapa pekerjaan. Namun pada saat yang bersamaan, teknologi juga akan menciptakan peluang pekerjaan dan keterampilan baru.

Hal ini kerap menimbulkan kekhawatiran bagi banyak pihak karena akan menimbulkan penurunan tenaga kerja yang disebabkan pekerjaan manusia yang akan digantikan dengan kecerdasan buatan.

Sumber daya manusia (SDM) dinilai menjadi faktor utama untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. Mengingat era sekarang memasuki zaman digital sehingga menuntut kemampuan SDM. Sebagai salah satu SDM Indonesia, generasi milenial pun tak luput dari perubahan yang dibawa revolusi industri 4.0.

Generasi yang lahir pada medio 1980-1999 ini harus bersiap dengan kondisi tersebut karena masa depan industri dan manufaktur Indonesia berada di tangan mereka. Sebagai generasi milenial, apa saja kompetensi yang perlu kamu miliki untuk menghadapi revolusi industri 4.0? Berikut ulasannya:

1. Kemampuan berbahasa asing. Kemampuan ini penting dikuasai agar dapat berkomunikasi pada tingkat global.

2. Kemampuan berpikir kritis. Kemampuan ini dapat ditingkatkan melalui kebiasaan membaca dan berdiskusi secara intensif.

3. Kreativitas. Kemampuan untuk menemukan sesuatu yang unik dan out of the box. Menciptakan inovasi-inovasi baru atau mengembangkan yang sudah ada.

4. People management. Kemampuan untuk mengatur atau leadership. Bagi mahasiswa, hal ini dapat dikembangkan saat mereka mengikuti organisasi ataupun ekstrakulikuler.

5. Emotional Intelligence atau kecerdasan emosi. Dalam hal ini, termasuk pula kemampuan untuk mengidentifikasi, mengelola, serta memanfaatkan emosi.

Nah, hal-hal diatas merupakan beberapa kompetensi yang diperlukan di era revolusi industri 4.0. Sudah siapkah kamu sebagai generasi millenial untuk menghadapi era revolusi industri yang keempat ini?

VIDEO PILIHAN