Mohon tunggu...
Jordan Joel
Jordan Joel Mohon Tunggu... Mahasiswa

Hidup bagaikan "bongkahan emas"

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Komodifikasi Ruang dalam Program Televisi di Indonesia

20 Januari 2021   02:20 Diperbarui: 20 Januari 2021   02:25 52 1 0 Mohon Tunggu...

Ruang sudah menjadi topik saat ini dalam industrialisasi sekarang ini.Faktor tersebut dipengaruhi oleh perkembangan teknologi dan mengakomodasikan berbagai kebutuhan masyarakat.Di dalam ruang ada berbagai kehidupan manusia seperti agama , ras ,kelas , gender , dan sebagainya.Lalu ada sebuah program acara yang membahas ruang di NET TV , yaitu d'SIGN.Program tersebut menayangkan ruang hunian urban  yang mempresntasikan sesuai kehidupan sesungguhnya.

Pelaksanaan penelitian sangat beragam seperti  melakukan komodifikasi privasi , agama , nasionalisme , dan perempuan lalu juga ruang politis maka harus dilakukan analisis yang jelas dalam pembangunan rumah Muslim dan melakukan produksi spasial untuk penangangan  Masalah perumahan tersebut seperti yang dielaborasikan oleh Kamil Arfi Arifin ( 2017).

Program d'SIGN yang tayang di NET juga menampilkan berbagai cara dekorasi aplikatif serta memiliki banyak episode. Dalam sebuah epsiode yang berjudul  "Home Sweet Home"yang diyangkan di rumah Gisella Anastasya salah satu artis Indonesia.Serta dalam pembangunan rumahnya berdasarkan representations space yang dimaksud  sesuai dengan sosio - kultural yang dimaksudkan adalah pengalaman dan diubah menjadi nyata.

Pihak rumah juga melakukan hubungan kerja sama dengan tim Design Interior RSI group untuk melakukan penerapan konsep  American Classic , Skandivian , dan feminis yang inin memperindah nilai estetis.

 Acara d'SIGN juga menayangkan visualisasi landscape  ruang hunian urban buatan Gisella Anastasya yang sangat indah dan hampir mirip dengan rumah - rumah kelas elit jadi kita diarahkan untuk mempunyai blue print  yang sesuai impian atau kepunyaan kita sendiri.

Rumah Gisella yang ada dalam tayangan d'SIGN juga memperlihatkan berbagai fungsi maupun kriteria dan dapat dipisah yang ada pada ruangan dalam rumah nya seperti ruang tamu , kamar mandi , ruang anak , ruang dapur , ruang berenang , dan sebagainya.                         

                     

                

VIDEO PILIHAN