Mohon tunggu...
Zahrotul Mujahidah
Zahrotul Mujahidah Mohon Tunggu... Guru - Jika ada orang yang merasa baik, biarlah aku merasa menjadi manusia yang sebaliknya, agar aku tak terlena dan bisa mawas diri atas keburukanku

Blog: zahrotulmujahidah.blogspot.com, joraazzashifa.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Pesantren Ramadan bagi Pendidik, Ada dan Perlukah?

6 April 2022   05:57 Diperbarui: 6 April 2022   06:01 486 17 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Mengisi kegiatan dengan mencatat amalan selama berpuasa pada buku kegiatan biasanya diperuntukkan bagi siswa-siswa. Lalu apakah sang pendidik perlu melakukan hal serupa?

Selama ini, pendidik cukup memantau para siswa dalam membina kegiatan kerohanian. Namun di wilayah tempat tinggal saya, ada yang sedikit berbeda. Semua amalan GTY di bulan Ramadan dipantau oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Gunungkidul.

Ramadan 1443 H ini menjadi tahun kedua dengan kegiatan yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Perbedaan itu tak hanya saya alami. Hampir seluruh GTY di Amal Usaha Muhammadiyah mengikuti Pesantren Ramadan secara Virtual. Sebut saja Pesantren Ramadan Virtual (PRV).

Namun tak semua Amal Usaha Muhammadiyah di seluruh Indonesia melaksanakan kegiatan ini. Saya pernah menanyakan kepada salah satu sahabat di seberang pulau, adakah kegiatan serupa? Sahabat saya menceritakan kalau di sana tak ada kegiatan serupa. 

Saya pribadi sebenarnya menilai kegiatan tersebut memang ada sisi positif. Kami, para pendidik yang terbiasa dengan kegiatan normal layaknya di bulan Ramadan, kini dipandu untuk melaksanakan Dzikir Pagi dan Dzikir Petang.

Itu merupakan amalan yang tidak semua diketahui para pendidik. Karena tak semua tahu, maka selama dua bulan Ramadan ini mau tak mau para pendidik melakukan Dzikir Pagi dan Dzikir Petang.

Berikut buku panduan Dzikir Pagi dan Dzikir Petang Ramadan tahun kemarin dan tahun ini.

Ilustrasi buku panduan Dzikir Pagi dan Dzikir Petang. Foto: dokpri
Ilustrasi buku panduan Dzikir Pagi dan Dzikir Petang. Foto: dokpri

Selain itu pada PRV para guru, selain tadarus Al-Qur'an, juga diajak ngaji secara virtual. Ngaji Virtual itu kami dibimbing untuk memahami ayat tertentu. Di sana ada satu ayat, terjemah dan realisasi ayat tersebut.

Salah satu materi Ngaji Virtual. Gambar: dokumen panitia PRV PDM GK
Salah satu materi Ngaji Virtual. Gambar: dokumen panitia PRV PDM GK

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Lihat Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan