Mohon tunggu...
Zahrotul Mujahidah
Zahrotul Mujahidah Mohon Tunggu... Jika ada orang yang merasa baik, biarlah aku merasa menjadi manusia yang sebaliknya, agar aku tak terlena dan bisa mawas diri atas keburukanku

Blog: zahrotulmujahidah.blogspot.com, joraazzashifa.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Lomba Tujuh Belasan di Sekolah Tahun Ini

15 Agustus 2020   05:34 Diperbarui: 16 Agustus 2020   05:48 121 34 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lomba Tujuh Belasan di Sekolah Tahun Ini
Ilustrasi: cantik.tempo.com

"Sudah selesai posternya, Khanza?" Ayah bertanya padaku. 

Ayah duduk dan menemaniku menyelesaikan poster yang harus kukirim kepada bu guru hari ini.

"Belum, yah," jawabku singkat.

Hari ini aku sibuk membuat poster tentang peringatan kemerdekaan Indonesia. Tahun ini kan Indonesia berusia 75 tahun. Merdeka tahun 1945. Tokoh yang memproklamirkan yaitu Soekarno dan Hatta. Saat membacakan proklamasi itu Soekarno dalam keadaan sakit.

Proklamasi kemerdekaan Indonesia dilaksanakan di Jalan Pengangsaan Timur no 56 Jakarta Pusat. Alhamdulillah, setelah menderita selama ratusan tahun, Indonesia bisa lepas dari penjajah Belanda dan pendudukan Jepang. Tentu saja ada Allah yang merahmati bangsa Indonesia.

Peristiwa sekitar proklamasi aku baca dari buku. Sungguh perjuangan para pahlawan sangat besar bagi Indonesia. Aku sangat kagum dengan semangat para pahlawan. Aku ingin menjadi anak Indonesia yang bersemangat seperti mereka.

Itu aku buktikan dengan rajin belajar. Biar kalau sudah besar, aku bisa ikut memajukan dan menjaga kejayaan negara.

**

Untuk menyambut hari kemerdekaan Indonesia, biasanya ada banyak lomba di sekolah dan desaku. Juga di tempat lain. Meriah sekali. Selain itu di pinggir jalan biasanya dipasangi bendera merah putih dan umbul-umbul.

Namun tahun ini kemerdekaan Indonesia diperingati dalam suasana yang berbeda. Virus Corona belum hilang. Pasien positif Corona semakin banyak. Jadi semua harus memerhatikan aturan untuk tidak bergerombol, selalu mengenakan masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan. 

Aku dan teman-teman belum belajar di sekolah. Sedih rasanya. Belajar di rumah. Mau merayakan kemerdekaan, juga tidak ada lomba seperti dulu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x