Mohon tunggu...
Zahrotul Mujahidah
Zahrotul Mujahidah Mohon Tunggu... Guru - Jika ada orang yang merasa baik, biarlah aku merasa menjadi manusia yang sebaliknya, agar aku tak terlena dan bisa mawas diri atas keburukanku

Guru SDM Branjang (Juli 2005-April 2022), SDN Karanganom II (Mei 2022-sekarang) Blog: zahrotulmujahidah.blogspot.com, joraazzashifa.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Masjid Agung Al-Ikhlas Wonosari, Kesan dari Kecil hingga Kini

30 April 2020   06:28 Diperbarui: 30 April 2020   06:49 1816
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Masjid Al Ikhlas Wonosari dari depan. Dokumen: Jejak Kawan

Sebagai Guru dari yayasan atau persyarikatan Muhammadiyah, saya sering ke kompleks Masjid Agung Al Ikhlas Wonosari. Saya dan teman-teman memang sering mengikuti acara dari PDM GK untuk pembinaan dari Ketua PDM.

Pelaksanaan pembinaan biasanya di ruang pertemuan di lantai dasar masjid. Ruangannya berada di sisi utara lantai dasar masjid. Tepat di sebelah selatan MTs Muhammadiyah Wonosari. Ruangannya sangat luas. Bisa menampung ratusan peserta.

Itu untuk ruangan pertemuan. Lalu bagaimana tentang bangunan Masjid Al Ikhlas Wonosari secara umum?

Beberapa bulan tak ke kota kabupaten, saya sempat terkejut dengan sedikit perubahan pada bangunan masjid. Saya share perubahan wajah masjid. Ternyata memang banyak yang tidak menyadarinya.

"Mirip Al Ikhlas," komentar teman saya saat melihat story saya.

"Emang masjid Al Ikhlas, mbak," balas saya. 

Masjid Al Ikhlas, masjid kota di Gunungkidul. Pastinya banyak kenangan sejak kecil hingga dewasa. Kenangan apa ya? Heheee.

Masjid Al Ikhlas dari arah timur laut. Dokpri
Masjid Al Ikhlas dari arah timur laut. Dokpri
Oke. Saya mulai dari mengenalkan lokasi Masjid Al Ikhlas karena tak kenal maka tak sayang. Masjid Al Ikhlas Wonosari beralamat di Jl. Masjid, Kepek II, Kepek, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55851.

Letaknya sangat strategis. Tepat berada di sebelah barat Alun-alun Wonosari dan Kantor Pemerintah Gunungkidul serta Kantor Pos, Rumah Dinas Bupati dan Kantor DPRD Gunungkidul.

Lahan parkir di depan masjid cukup luas. Oh iya. Jika ada acara pelepasan jamaah haji biasanya area parkir depan masjid penuh.

Setiap hari Kamis Pahing perpustakaan keliling dari Perpustakaan Daerah Yogyakarta standby di halaman masjid. Saya pernah menjumpai dan membaca beberapa lembar salah satu buku koleksinya. Sambil tanya ini-itu kepada petugas perpustakaan keliling.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun