Mohon tunggu...
Zahrotul Mujahidah
Zahrotul Mujahidah Mohon Tunggu... Guru - Jika ada orang yang merasa baik, biarlah aku merasa menjadi manusia yang sebaliknya, agar aku tak terlena dan bisa mawas diri atas keburukanku

Guru SDM Branjang (Juli 2005-April 2022), SDN Karanganom II (Mei 2022-sekarang) Blog: zahrotulmujahidah.blogspot.com, joraazzashifa.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Hilangkan Kejenuhan dengan Plastisin

16 April 2020   11:07 Diperbarui: 16 April 2020   11:14 1925
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Plastisin warna-warni. Dokpri

Jenuh, males, bosan. Itu yang sering keluar dari mulut putri keduaku. Maklum sudah hampir satu bulan, kegiatan hanya dilakukan di rumah. Kalau sudah seperti itu, bisa uring-uringan jadinya. 

Untuk mengusir rasa bosan anak, mau tak mau emak sepertiku memerankan diri sebagai dalang yang tak boleh kehabisan lakon. Harus ada ide brilian biar anak betah di rumah.

Oke. Kali ini, aku ajak saja dia membuat prakarya tiga dimensi dari plastisin warna-warni. Karena masih kelas bawah, so aku ajak saja dia membuat karya tiga dimensi tentang hewan kesukaannya.

Karena jarang berkreasi dengan plastisin maka aku ajak anak browsing tutorial membuat karya tiga dimensinya. Anaklah yang memilih hewan kesukaannya.

Apa hewan pilihan anakku? Ada gajah, kupu-kupu, kura-kura dan keong. Nah, sudah banyak yang dipilih, tinggal prosesi pembuatan karyanya. Saya memandunya pelan-pelan.

Sesekali anak berkomentar, "jelek nggak apa-apa ya."

Saya mengiyakan saja. Yang penting anak senang dan bahagia. Sesekali saya membenahi jika ada bagian plastisin pada karya anak lepas.

Setelah berjibaku dengan plastisin, akhirnya 30 menit kemudian selesailah beberapa karyanya. Saya potret karyanya. Juga sampel karya ibu tentunya.

hasil bermain plastisin hari ini. Dokpri
hasil bermain plastisin hari ini. Dokpri
Oh iya. Berkarya dengan plastisin ---zaman dulu seringnya dengan tanah lempung atau tanah liat--- memiliki banyak manfaat. Apa saja itu?

Saya lansir dari kumparan, manfaat bermain plastisin diantaranya, mengembangkan keterampilan motorik halus. Tentunya ini manfaat bagi anak pra-SD ya. 

Dari keterampilan meremas, membentuk, menggulung dan sebagainya akan bermanfaat untuk keterampilan menggunakan gunting atau memegang pensil atau pulpen.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun