Mohon tunggu...
Zahrotul Mujahidah
Zahrotul Mujahidah Mohon Tunggu... Jika ada orang yang merasa baik, biarlah aku merasa menjadi manusia yang sebaliknya, agar aku tak terlena dan bisa mawas diri atas keburukanku

Blog: zahrotulmujahidah.blogspot.com, joraazzashifa.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Ini Sumber Belajar Siswa yang Variatif

6 November 2019   08:06 Diperbarui: 6 November 2019   08:12 67 15 7 Mohon Tunggu...
Ini Sumber Belajar Siswa yang Variatif
Salah satu laboratorium raksasa bagi para siswa. Dokpri

Sekolah dan lingkungan sebagai sumber belajar

Seorang siswa memiliki kelebihan dan kekurangan masing- masing ketika menerima materi pelajaran di kelas. Bloom mengemukakan bahwa sebenarnya tidak ada siswa yang pintar dan siswa yang bodoh, tetapi yang ada adalah siswa yang cepat dan lambat. 

Siswa tersebut harus dididik untuk mandiri sesuai kemampuan masing- masing. Hal ini dikarenakan setiap individu memiliki keunikan sendiri- sendiri. Malcolcm Knowles mengemukakan pada prinsipnya belajar adalah belajar mandiri yaitu atas inisiatif individu dalam belajar. Hal ini didukung Bruce Miller yang berpendapat bahwa cara belajar yang sepenuhnya atau sebagian besar di bawah kendali murid- murid itu sendiri. Siswa diharuskan independen artinya tidak tergantung pada guru.

Untuk mewujudkan kemandirian siswa maka sekolah bersama guru harus bisa menciptakan lingkungan yang memudahkan murid- murid untuk belajar mandiri dan memanfaatkan sumber belajar yang ada. Namun bila ada keterbatasan sumber belajar maka sekolah harus melengkapi sumber belajar tersebut.

Melengkapi sekolah dengan sumber belajar dapat dilakukan dengan beberapa  langkah. Tak terlalu sulit. Kesemuanya didapatkan pada lingkungan sekitar. Contohnya mengumpulkan jenis tumbuhan, daun, bunga (membuat herbarium); mengumpulkan jenis binatang kemudian dikeringkan (insektarium; mengumpulkan biji- bijian; mengumpulkan batu- batuan; mengumpulkan barang --barang bekas; mengumpulkan uang logam yang tidak terpakai atau guru dan siswa membuat globe dan alat peraga gerhana dan sebagainya.

Selain melengkapi sumber belajar maka sekolah juga bisa mengembangkan program kebun, kolam dan peternakan sekolah.

Lingkungan, Laboratorium raksasa bagi siswa

Dokpri
Dokpri
Mengajar muatan pelajaran apapun, jangan khawatir karena sekolah tak memiliki laboratorium khusus seperti Laboratorium IPA. Muatan pelajaran lain tetap memiliki laboratorium yang cakupannya luas. 

Lingkungan, baik lingkungan alam dan lingkungan sosial budaya merupakan laboratorium raksasa bagi para siswa. Dari laboratorium raksasa ini para siswa dapat melihat benda- benda secara langsung yang berkaitan dengan materi pelajaran. Selain itu para peserta didik dapat membuktikan dan menerapkan teori dan konsep yang pernah didapat di sekolah serta menanamkan sikap untuk menyayangi lingkungan sekitar.

Pembelajaran dengan sumber belajar bisa dilaksanakan dengan memanfaatkan LKM ---Lembar Kerja Mandiri--- dengan tujuan mengembangkan keterampilan atau konsep, menempatkan semua lembar kerja serta mengembangkan beberapa bentuk penyimpanan. 

Adapun contoh pembelajaran dengan menggunakan LKM antara lain siswa melakukan praktikum tentang pengaruh sinar matahari terhadap tumbuhan, berbagai potongan bambu dan berbagai tanda rambu lalu lintas, laporan pengamatan dan sebagainya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN