Mohon tunggu...
Zahrotul Mujahidah
Zahrotul Mujahidah Mohon Tunggu... Guru - Jika ada orang yang merasa baik, biarlah aku merasa menjadi manusia yang sebaliknya, agar aku tak terlena dan bisa mawas diri atas keburukanku

Guru SDM Branjang (Juli 2005-April 2022), SDN Karanganom II (Mei 2022-sekarang) Blog: zahrotulmujahidah.blogspot.com, joraazzashifa.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Kenalkan Lagu Daerah atau Tembangnya Dahulu, Biar Anak Sayang

25 Agustus 2019   14:15 Diperbarui: 25 Agustus 2019   14:50 81
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: ngopibareng.id

Saya ingat sebuah lagu yang sangat familiar di telinga saya saat masih kecil. Diajari oleh orangtua saya. Dinyanyikan sambil memposisikan duduk dengan kaki berselonjor. Kedua tangan diletakkan di atas kedua dengkul atau lutut lalu tangan digerakkan sampai mata kaki. Saya tak tahu dengan cara menyanyikan lagu ini di daerah lain. Lagunya berbahasa Jawa. 

Apalagi kalau bukan Sluku- sluku Bathok. Karena dinyanyikan dengan posisi duduk dan mengerakkan tangan dari dengkul atau lutut ke arah mata kaki kembali ke dengkul (lutut) dan seterusnya, tak heran lagu ini sering dianggap sebagai lagu dolanan anak.

Anak saya ketika belajar di TK pun diajari menyanyikan tembang ini. Di rumah diulang- ulang. Apalagi kalau akan pentas, pastilah dinyanyikan setiap hari. 

Syair lagunya ini, 

Sluku- sluku bathok

Bathoke ela elo

Si Rama menyang Solo

Leh olehe payung mutha


Mak jenthit lolo lobah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun