Mohon tunggu...
Zahrotul Mujahidah
Zahrotul Mujahidah Mohon Tunggu... Guru - Jika ada orang yang merasa baik, biarlah aku merasa menjadi manusia yang sebaliknya, agar aku tak terlena dan bisa mawas diri atas keburukanku

Guru SDM Branjang (Juli 2005-April 2022), SDN Karanganom II (Mei 2022-sekarang) Blog: zahrotulmujahidah.blogspot.com, joraazzashifa.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Keuntungan Menulis di Blog Pribadi dan Kompasiana

16 Februari 2019   01:02 Diperbarui: 16 Februari 2019   01:07 228
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Postingan di blog pribadi yang menjadi salah satu sumber penulisan tugas kuliah. Dokpri

Saya lupa tahun berapa pertama kali berkenalan dengan dunia tulis menulis di internet melalui blog atau wordpress. Yang jelas suamilah yang mengenalkan pertama kali. Sampai saat ini blog buatan suami masih terus saya isi meski tidak ajeg.

Sedangkan akun wordpress saya utak-atik sendiri. Modalnya cuma browsing saja biar tampilan bisa lumayan. Suami tidak ikut campur urusan pengembangan blog pribadi. Baru bulan Desember tahun kemarin saya bergabung di Kompasiana ini.

Selama belajar corat-coret di blog pribadi maupun Kompasiana pasti banyak hal yang saya dapatkan. Yang jelas bukan keuntungan finansial. Hanya ingin berbagi saja dengan orang lain baik materi kuliah maupun pelajaran SD.

Ada rasa senang bila pengunjung blog merasa terbantu dengan postingan saya. Tak jarang mereka meng-add akun FB karena terhubung juga di akun FB. Yang paling menyenangkan adalah ketika salah satu postingan, yang kebetulan merupakan isi skripsi, menjadi sumber penulisan tugas kuliah. Alhamdulillah tulisannya bermanfaat. Padahal nilai skripsi dulunya tidak sempurna.

Sedangkan ketika saya bergabung di Kompasiana saya merasa bahagia juga berinteraksi dengan Kompasianer lain. Saya belajar banyak dari para senior dalam mengasah kemampuan menulis.

Tak jarang penulis yang usianya lebih muda memberikan masukan. Kebo nyusu gudel. Orangtua belajar dari yang muda. Yang mengesankan selama bergabung di Kompasiana adalah saya bisa ikut nimbrung bersama penulis handal lain yang menerbitkan buku antologi berbahasa Jawa, Samudraning Asmara. Saya ikut urun rembuk dua tulisan yang keduanya pernah saya posting di Kompasiana ini. Sungguh pengalaman berharga bagi saya.

Ikut berpartisipasi dalam proyek penulisan buku berbahasa Jawa. Pict: Anis Hidayatie
Ikut berpartisipasi dalam proyek penulisan buku berbahasa Jawa. Pict: Anis Hidayatie
Kelak di kemudian hari semoga bisa menerbitkan buku sendiri seperti Pak Ropingi, mbak Anis Hidayatie, mas Bije dan penulis lainnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun