Mohon tunggu...
Jon Kadis
Jon Kadis Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta

Hobby baca, tulis opini hukum dan politik, sosial budaya.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

LOCCAL Collection Hotel Labuan Bajo, Apa Harapan Masyarakat Lokal?

29 Januari 2022   09:49 Diperbarui: 29 Januari 2022   10:54 639 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sebagai bagian dari publik Kab.Manggarai Barat yang peduli dengan pembangunan pariwisata di sini, tanggal 28 Januari 2022 KLC (Komodo Lawyers Club) mengadakan komunikasi via diskusi singkat dengan General Manager hotel Loccal Collection di lantai 5(lima) hotel tersebut.

Komunikasi ini sebagai media untuk mendapatkan informasi. Dan hak publik untuk memperoleh hal itu dijamin oleh Undang-Undang, yaitu Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. 

Di situ digarisbawahi bahwa salah satu elemen penting dalam mewujudkan penyelenggaraan negara yang terbuka adalah hak publik untuk memperoleh informasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan. 

Perlu disadari bahwa perwujudan penyelenggaraan negara itu bukan hanya lembaga publik (eksekutif, legislatif dan yudikatif), tetapi juga semua elemen masyarakat yang punya usaha, yang keberadaannya berdasarkan peraturan (baca: hukum) yang telah disepakati oleh rakyat melalui perwakilannya.

Materi diskusinya adalah tentang upah buruh, rekruitment karyawan, dan kepeduliannya terhadap Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat. Dari diskusi ini didapatkan informasi sebagai berikut:

Dari pihak Loccal Collection hotel :

1. Upah buruh diberikan sesuai peraturan yang berlaku, yaitu dengan ketentuan Upah Minimum Propinsi (UMP) yang telah ditetapkan Gubernur NTT, yaitu Rp.1.950.000 (satu juta sembilanratus limapuluhribu rupiah) per bulan tahun 2021, dan Rp 1.975.000 untuk tahun 2022.

2. Penyerapan tanaga kerja lokal sebesar 85%(delapanpuluh lima prosen) dari total karyawan yang ada. Hotel berdiri & operasional sejak awal tahun 2021.

3. Hotel memberikan pelajaran ilmu online gratis dengan quota internet 5000 (limaribu), yaitu kursus bahasa Inggris dan Mandarin per 3 (tiga) bulan bagi warga lokal di Labuan Bajo, Manggarai Barat.

4. Penggunaan sebagian dana CSR untuk pihak ketiga, dengan memberi perhatian kepada panti asuhan, serta pembinaan para karyawan untuk menjadi insan berkualitas prima dalam pekerjaannya.

5. Hotel mendorong pengusaha lokal UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) untuk memajukan usahanya dengan menyediakan satu space (ruang) hotel untuk pameran & penjualan produknya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan