Mohon tunggu...
Jonina
Jonina Mohon Tunggu... Wiraswasta - Murid

Selamat membaca

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Tips Persiapan Ujian Anti-Remed

4 November 2022   08:39 Diperbarui: 4 November 2022   08:58 553
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Semua orang jenius. Tetapi jika Anda menilai seekor ikan dari kemampuannya memanjat pohon, ia akan menghabiskan seluruh hidupnya untuk percaya bahwa ia bodoh." - Albert Einstein 

Sebagai seorang murid, tentu kita semua sudah pernah mengerjakan sebuah ujian. Di sekolahku, kami mendapatkan "summative week". Yaitu, minggu minggu dimana ujian yang harus kami kerjakan melimpah.   

Dalam tulisan ini, aku ingin memberikan tips untuk teman-teman yang kesulitan mempersiapkan diri untuk ujian. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kalian.   

Tip pertama dari saya adalah hindari SKS. SKS adalah Sistem Kebut Semalam. Aku yakin, semua siswa pasti sudah pernah melakukan SKS, termasuk aku. Itu adalah hal yang wajar. Siswa memiliki banyak tugas, dari berbagai macam mata pelajaran. Kadang-kadang kita tidak sempat belajar beberapa hari sebelum ujian. 

Alangkah baiknya kita menghindari SKS. Mengapa? Karena menyerap seluruh materi dalam satu hari itu sulit, dan akan membuat kita memaksa diri. Lebih baik belajar dua hari sebelum ujian. Jika materinya banyak, belajar bagian yang sulit dalam hari pertama persiapan ujian. Lalu, pada hari kedua persiapan ujian, latihan mengerjakan soal.   

Biasanya, aku belajar dua hari sebelum ujian. Lalu, semalam sebelum ujian, aku mengulas materi yang aku pelajari hari sebelumnya.   

Kedua, belajar secara efisien. Pastikan kalian benar-benar mengerti apa yang kalian tulis di buku catatan. Lalu, tandakan poin-poin penting menggunakan highlighter. Pelajari hal yang paling sulit bagimu dahulu, dan terus berlatih!   

Ketiga, jangan lupakan kesehatan. Jika merasa terlalu lelah, istirahat selama 15-30 menit, lalu lanjut belajar. Jangan terlalu memaksa diri. Jangan lupa makan, dan tidur yang cukup.   

Keempat, buatlah grup belajar dengan teman-teman. Belajar kelompok merupakan salah satu cara yang dapat dipakai para siswa untuk berbagi dengan teman yang lain dalam memecahkan soal dan saling menguatkan motivasi belajar.   

Terakhir, hadapi ujian dengan tenang. Jika sikap kita tenang akan memungkinkan kita menyusun rencana, memetukan strategi dan menjalaninya dengan teliti.   

Semangat selalu dalam mengerjakan ujian. Sukses selalu!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun