Mohon tunggu...
Jonathan Simon
Jonathan Simon Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Gladi Homanisasi 10

31 Mei 2022   18:41 Diperbarui: 31 Mei 2022   18:43 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Geladi Homanisasi 22 Mei 2022 :

Sebelum menjalani geladi homanisasi, terdapat tugas pra geladi homanisasi yaitu menyimak lagu Indonesia Raya 3 stanza. Setelah menyimak lagu Indonesia Raya tersebut, peserta harus menentukan salah satu lirik yang menarik bagi dirinya masing -- masing, bagi saya lirik yang menarik adalah Indonesia, tanah yang mulai, Tanah kita yang kaya, di sanalah aku berdiri, untuk s'lama-lamanya. Dengan menyimak lirik tersebut, hati saya tersentuh untuk selalu mengingatkan saya dengan negara yang saya cintai. Lirik tersebut mengingatkan saya bahwa saya harus tetap bangga dan tetap berdiri pada tanah air Indonesia yang saya cintai.

Di hari h geladi homanisasi, peserta diberikan beberapa materi terkait dengan topik geladi. Mulai dari ditampilkannya video kata sambutan geladi, lalu pemaparan materi mengenai hari kebangkitan nasional, hingga penjelasan mengenai bagaimana cara melakukan presentasi dan cara berfikir dengan kritis. Setelah beberapa pemberian materi, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan presentasi terkait dengan topik yang sudah ditentukan untuk masing -- masing kelompok. Kelompok saya mendapatkan tema mengenai kampanye hari tanpa tembakau sedunia. Dalam waktu diskusi 1 jam yang diberikan, kami saling tukar pikiran untuk menentukan bagaimana kami melakukan presentasi untuk dapat membawakan tema tersebut. Dari diskusi tersebut, kami sepakat untuk membawakan drama disertai pesan -- pesan secara online. Presentasi yang kami bawakan memberikan pesan untuk para peserta yang hadir di geladi homanisasi tersebut untuk berhenti menggunakan tembakau mengingat dampak -- dampak buruk yang dapat terjadi Ketika menggunakan tembakau khususnya rokok. Usaha yang saya dan kelompok keluarkan tidak menghianati hasil karena kami berhasil menjadi kelompok dengan presentasi terbaik. Hal ini menunjukan bahwa presentasi kami dapat dinikmati oleh para peserta dan fasilitator yang menonton presentasi kami.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun