Mohon tunggu...
Joko Wahyono
Joko Wahyono Mohon Tunggu... -

Pengelola Lembaga Pendidikan, Nara Sumber Seminar, Penulis Buku. Buku yang telah ditulis ; Sekolah Kaya Sekolah Miskin, Guru Kaya Guru Miskin (Gramedia Group) dan Cara AMPUH Merebut Hati Murid (Erlangga Group).

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Anak Didik Ketagihan Sekolah Bila Guru dan Lingkungan Sekolah Ramah Anak

4 Desember 2014   05:58 Diperbarui: 17 Juni 2015   16:05 216
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

“Pendidikan di Indonesia harus membuat anak didik ketagihan sekolah, ingin belajar” kata Anies Baswedan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam pertemuaannya dengan Kepala Dinas Pendidikan Se-Indonesia. (CNN Indonesia 02/12/14).

Imbauan Anies beralasan, melihat kondisi sekolah yang bukan lagi dianggap tempat yang aman dan nyaman bagi para siswa di sekolah. Rentetan kasus kekerasan di sekolah mewarnai pemberitaan media kita. Simak saja berita berita kekerasan yang menyesakkan dada ini. Anak kelas 1 SD dikeroyok temannya hingga buta, siswa SMA dikeroyok hingga tewas, dan munculnya video heboh tentang seorang siswi di Sumatera Barat dihajar dan ditendangi teman teman sekelasnya serta kejahatan seksual yang terjadi di lingkungan sekolah. Kekerasan di sekolah tidak saja dilakukan oleh sesama murid, ironisnya dilakukan oleh guru gurunya. Lihat berita ini, “Tak Ikut Upacara, Siswa SMP dilempar tempat sampah oleh gurunya”, “Lagi Pinjam Spidol, siswa SMP babak belur dianiaya guru agama” dan sebuah video di Papua yang menayangkan seorang guru SMK dengan rokok dibibirnya, berkali kali menampar siswanya.

Bagaimana kita bisa berharap anak didik mau betah dan ketagihan di sekolah bila peristiwa di atas terus mengancam mereka?. mungkin diantara kita menjawab, itu hanya kasus beberapa anak saja atau dengan kalimat menghibur diri, itu hanya ulah segelintir oknum guru saja, jangan digeneralisir.

Hasil survei yang dilakukan UNICEF pada 2006 di 3 propinsi di Indonesia yaitu di Sumatera Utara, Sulawesi Selatan dan Jawa Tengah menyatakan bahwa, sebanyak 90 persen guru di Indonesia menghukum dengan cara menyetrap dan  membentak, sedangkan 47 persen menghukum murid membersihkan WC.

Pada suatu kesempatan memberikan Pelatihan Smart Teaching di kota Medan, Sumatera utara dan di kota Makasar Sulawesi Selatan, saya tunjukkan hasil survei di atas. Seorang guru di Medan memberi tanggapan, ”Ah, kalau cuma dibentak dan disetrap tak seberapa itu Pak, Anak Medan kalau tidak ditampar, tak mau nurut dia” tanggapan guru tersebut direspons dengan tepuk tangan 400 an guru peserta pelatihan tersebut. Di Makassar juga senada, guru-guru beranggapan budaya keras harus dilawan dengan keras pula, kalau tidak, guru tidak berwibawa.

Perlunya Sekolah RAMAH ANAK

Betulkah kekerasan harus dilawan dengan kekerasan? Apakah api harus dilawan dengan api? Tentu tidak, memadamkan api harus dengan air. Begitu juga menghadapi anak yang keras harus dilawan dengan memberi lebih banyak perhatian, komunikasi yang baik, dan strategi ramah anak berikut :

1. Ramah Perhatian ;

Guru terlalu sibuk dengan urusan administrasi KBM, menyiapkan dokumen sertifikasi daripada sibuk memberi perhatian kepada siswanya. Setidaknya ada 27 perangkat administrasi yang membebani guru, mulai dari membuat program tahunan, program semester, RPP, Rencana Pelaksanaan Harian,Presensi Siswa, Catatan Hambatan Belajar Siswa, Analisis KKM, dan lain lain. Lalu, kapan waktunya untuk memberi perhatian kepada murid-muridnya. Dalam memberi perhatian kepada muridnya, guru harus hadir tidak hanya fisiknya, namun seluruh pikirannya harus dicurahkan untuk menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki anak didiknya.

Seorang guru terus menerus harus meningkatkan cara untuk menarik perhatian siswa. Menjalin komunikasi yang persuatif, menggunakan bahasa proaktif dan bukan bahasa reaktif, serta mengetahui lebih jauh tentang cara-cara menyampaikan pelajaran dengan efektif dan atraktif adalah bagian pendekatan yang perlu dilakukan guru. Peter Hook & AndyVass seorang psikolog berpengalaman mengatakan bahwa guru yang efektif harus memahami bahwa mereka tidak dapat mengendalikan perilaku anak, namun mereka dapat berusaha mempengaruhi perilaku anak dengan cara cara berikut ini ; (1) Membangun hubungan yang positif, (2) Menetapkan agenda yang jelas, (3)Menetapkan ekspektasi yang tinggi, dan (4) Bersikap konsisten.

Mereka juga sadar bahwa ketika pengaruh tersebut suatu kali gagal, mereka dapat mengelola pilihan yang dapat dibuat muridnya. Mereka melakukan dengan menjelaskan konsekuensi logis dari setiap pilihan.

2. Ramah Psikologis

Pernahkah guru memergoki anak berbuat baik?. Seringkali tanpa disadari cara guru memperlakukan murid-muridnya dianggap tidak adil. Setiap pagi setiap masuk sekolah, guru hanya sibuk menghukum murid-murid yang terlambat, yang berpakaian tidak rapi dan mencari kesalahan murid dengan alasan menegakkan tata tertib. Jarang sekali guru memberi reward kepada murid yang rajin, yang datang lebih awal ke sekolah dan mengerjakan pekerjaan piket membersihkan kelasnya.

Respons guru melihat kebaikan menunggu penilaian akhir semester, sementara respons cepat tanggap bila melihat kesalahan murid. Sehingga timbul kesan, bahwa kebanyakan guru lebih suka menghukum daripada memuji.

Hukuman memang perlu dilakukan agar peraturan dapat ditegakkan. Namun, sebelum hukuman dijatuhkan, sudahkah guru berupaya optimal seperti misalnya memberikan contoh yang baik untuk selalu tepat waktu dalam mengajar di kelas, memberi arahan dan nasihat yang ikhlas, membiasakan bertutur kata yang baik, dan menghargai setiap kebajikan yang dilakukan murid serta konsisten terhadap peraturan yang disepakati.

Alangkah baiknya, bila guru lebih banyak memuji muridnya, sebab pujian adalah sebuah penghargaan, dan setiap orang membutuhkan rasa untuk dihargai. Ada beberapa manfaat yang bisa didapat dengan memberikan pujian: (1) Untuk menunjukkan penghargaan atas upaya mereka (2) Untuk memastikan bahwa upaya yang baik ini terus berulang. (3) Untuk membangun hubungan yang lebih dekat dan komunikasi yang lebih positif, dan (4) Untuk memberikan contoh pada yang lain agar mengikuti perilaku yang baik

Guru yang ramah psikologi adalah guru yang dapat bersikap assertif, yaitu guru yang dapat mengkomunikasikan sesuatu pada suasana saling percaya. Konflik yang muncul dihadapi dan solusi dicari yang menguntungkan semua pihak. Individu yang asertif memulai komunikasi dengan cara sedemikian rupa sehingga dapat menyampaikan kepedulian dan rasa penghargaan mereka terhadap orang lain. Perilaku asertif mengharuskan kita untuk menghormati orang lain sebagaimana kita menghormati diri sendiri.

3. Lingkungan Ramah Anak

Untuk alasan keamanan, banyak gedung sekolah yang kita lihat dibuat dari bahan besi keliling sekolah, pintu masuk dengan pagar jeruji besi, warna dinding agak kusam, penjagaan super ketat, ada guru piket yang siap mengintai gerak gerik siswa (sekarang pakai CCTV), ada satpam yang berwajah seram dengan membawa pentungan. Lalu, apa bedanya antara sekolah dan penjara. Jawaban hampir tidak ada bedanya, kalau penjara adalah tempat tahanan para naradipada criminal dan sekolah adalah tempat penjaranya generasi harapan bangsa.

Fenomena ini terlihat pada saat para murid meluapkan kegembiraannnya ketika mereka lulus sekolah, mereka konvoi di jalan, hura-hura dan merayakan kebebasan mereka dari penjara yang mengekang kehidupan mereka selama ini. Kenapa murid kita diperlakukan seperti nara pidana? Bagaimana murid bisa betah dan ketagihan di sekolah bila suasana lingkungan sekolah seperti penjara. Tidak ada tempat anak untuk mengembangkan bakatnya, tidak ada tempat untuk berekspresi dan tidak ada pula tempat hanya sebuah taman untuk bercengkrama.

Sekolah dengan lingkungan yang ramah anak adalah sekolah yang secara fisik dapat memberikan ruang ekspresi murid untuk mengembangkan bakatnya, dan secara psikis terciptanya suasana yang kondusif, saling mendukung dan menghargai, saling berempahy, dan membuka ruang persahabatan yang baik. Sehingga membuat semua warga sekolah dapat hidup aman, nyaman dan bahagia berada di lingkungan sekolah.

JOKO WAHYONO

(Koord.Pendidikan Sekolah Fastabiqul Khairat, Samarinda dan Penulis buku Cara AMPUH Merebut Hati Murid)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun