Mohon tunggu...
Wisata

Berkunjung ke Taman Pelangi Yogyakarta

28 Maret 2016   09:29 Diperbarui: 28 Maret 2016   10:30 45 0 0 Mohon Tunggu...

Taman Pelangi Yogyakarta : Destinasi Pilihan Wisata Malam Jogja

Destinasi wisata kebanyakan hanya indah dikunjungi pada siang hingga sore hari. Jarang ada suatu tempat wisata yang memang benar-benar mengkhususkan diri melayani kebutuhan wisata para wisatawan di malam hari. Taman Pelangi adalah salah satu dari sebagian kecil tempat wisata yang memilih memfokuskan lokasinya untuk wisata malam hari.

Pada awalnya, Taman Pelangi hanya dibuka untuk acara-acara tertentu yang bersifat sementara. Maka, dahulu, Taman Pelangi tidak buka setiap hari dan bersifat tidak permanen.Peresmian Taman Pelangi sebagai destinasi wisata baru digelar pada acara grand opening, 17 Desember 2011.

Taman Pelangi terletak di pelataran Monumen Jogja Kembali, Jalan Lingkar Utara, Yogyakarta. Taman ini berisi beragam bentuk dan warna lampion yang didesain mengelilingi taman. Taman ini menghadirkan keindahan pelangi tujuh warna dalam bentuk terang lampu lampion. Wisatawan tidak perlu menunggu sinar mentari menyinaribumi setelah hujan berlalu.

Taman Pelangi mempunyai dua sisi pintu masuk. Direkomendasikan untuk memasuki tempat wisata lewat pintu timur agar bisa langsung bertemu dengan lampion pelangi berukuran besar. Lampion pelangi satu ini adalah gerbang menuju lokasi lampion-lampion lainnya.

DOcar Rental Sewa Mobil Solo Jogja Semarang menyediakan jasa rental mobil untuk berkunjung ke Taman Pelangi.Lampion-lampion yang ada di Taman Pelangi terdiri dari beragam bentuk. Ada bentuk-bentuk flora, fauna, tokoh kartun Jepang, tokoh Disney, tokoh pemimpin Republik Indonesia, hingga replika keajaiban dunia serta replika tugu Jogja. Lampion-lampion tersebut ditata dengan berbagai metode. Ada yang menempel di dinding, bergelantungan, berbaris, dan terpendam di tanah.

Selain menikmati pemandangan pelangi buatan dari lampion, pengunjung bisa menikmati berbagai wahana yang disediakan. Wahana-wahana tersebut antara lain adalah speed boat, bom bom car, perahu dayung, bebek kayuh, bungee jumping, ATV, otoped, sepeda tandem, becak mini, trampolin, bola air, dan lain-lain. Wahana-wahana air dapat dinikmati di empat kolam dalam kompleks Monumen Jogja Kembali. Empat kolam tersebut terlihat seperti mandala jika dilihat dari atas.

Wahana lain yang cukup menarik adalah Puri Hantu. Sesuai namanya, wahana ini bertujuan mengetes keberanian pengunjung. Kemudian, ada Kereta Safari yang bisa membawa pengunjung berkeliling seluruh rute wahana. Pada waktu-waktu tertentu, konser pertunjukkan musik digelar di Taman Pelangi. Artis-artis ibukota didatangkan tiap tiga hinga enam bulan sekali.

Suasana romantis Taman Pelangi sering dimanfaatkan pasangan kekasih yang hendak menikah sebagai tempat mengambil foto prewedding. Perut keroncongan usai beraktivitas? Tersedia food court dengan beragam menu pilihan. Makan malam pun bisa menjadi romantis dikelilingi sinar lampion di tepian kolam. Fasilitas pendukung lainnya yang dimiliki Taman Pelangi adalah area parkir, toilet umum, dan penginapan. Gunakan Layanan DOcar Rental Sewa Mobil Solo Jogja Semarang di sini

VIDEO PILIHAN