Mohon tunggu...
Joko Ristono
Joko Ristono Mohon Tunggu... Administrasi - Trainer dan Konsultan CRM
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Praktisi pemasaran dengan spesialisasi Customer Relatinship Management (CRM) yang sudah mendalami teknik dan skill Public Speaking untuk menunjang kemampuannya dalam men-deliver knowledge, skill, experience kepada para peserta Seminar, Training, Workshop, Mentoring. Sejak tahun 1994, belajar dari para expert tentang teori dan kasus-kasus pemasaran terkini untuk selanjutnya dipraktekan langsung dalam karir dunia Sales dan Marketing. Sebagai National Coordinator Public Speaking Indonesia Community, yang secara rutin melakukan kegiatan untuk mengasah para anggota semakin mahir di bidang Public Speaking, termasuk memberikan pelayanan kepada para Trainer di Indonesia untuk mendapatkan layanan Public Speaking Check Up.

Selanjutnya

Tutup

Money

Berpacaran dengan Pelanggan

28 Maret 2019   16:47 Diperbarui: 28 Maret 2019   17:07 142
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Buku Sedang Proses Penulisan

Bagaimana Anda memeperlakukan pacar? Apalagi bila pacar yang baru jadian..!

Apakah Anda sangat mengenal Pacar Anda luar dalam? Apakah Anda selalu ingin bersama? Apakah Anda berusaha memberikan yang terbaik? Apakah Anda ingin selalui terlihat menarik? Apakah Anda selalu memberikan perhatian? Apakah Anda memperlakukannya dengan lemah lembut dan kasih sayang? Apakah selalu menawarkan bantuan? Apakah Anda takut pacar direbut orang lain? Dan apakah Anda selalu membangun komunkasi dengannya? Terakhir, apakah Anda ingin menjalin hubungan lebih jauh dengannya?

Kunci sukses pacaran, adalah komunikasi atau interaksi. Interaksi inilah yang akan mempertahankan hubungan antara Anda dengan pacar. Dengan berkomunikasi, Anda akan semakin memahaminya, Anda berinteraksi dalam bentuk memberikan perhatian, memberikana kasih sayang. Nge-date seminggu sekali untuk berduaan dalam suana romantis, makam malam, nonton bisokop, ke toko buku atau ke tempat wisata berdua.

Ya, kuncinya KOMUNIKASI

BERPACARAN DENGAN PELANGGAN

Anda, sebagai pemasar tentu ingin menjaga pelanggan sehingga mereka menjadi pelanggan yang loyal, beli lagi dan lagi.  Sampai pada suatu saat mereka secara sukarela menceritakan kebaikan produk atau layanan Anda kepada orang lain, tanpa diminta. Hubungan dengan pelanggan bisa berlangsung terus menerus, bahkan hubungannya semakin kuat. Hubungan yang kuat menjadi syarat untuk tetap berbisnis dengan Anda.

BAGAIMANA MEMPERLAKUKAN PELANGGAN SEBAGAIMANA SEORANG PACAR?

1. Terus berkomunikasi

Langkah pertama dalam menjaga hubungan dengan pelanggan adalah berkomunikasi. Berkomunikasi untuk memberikan perhatian, untuk menyampaikan informasi, untuk menanyakan kabar, untuk menyampaikan program. Intinya jangan putus hubungan dengan pelanggan, secara rutin atau secara periodik, hubungi pelanggan Anda. Apakah seminggu sekali, sebulan sekali, atau dua bulan sekali? Masing-masing pelanggan berbeda, Anda tinggal menyesuaikan. Semakin tidak penting pelanggan, misal belanja kecil dan jarang, maka tidak perlu juga Anda keluar effort untuk menghubunginya terlalu sering.

Sebaliknya, tanpa ada komunikasi "yang memadai" mustahil bisa mempertahankan sebuah hububungan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun