Mohon tunggu...
Joko Ristono
Joko Ristono Mohon Tunggu... Administrasi - Trainer dan Konsultan CRM
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Praktisi pemasaran dengan spesialisasi Customer Relatinship Management (CRM) yang sudah mendalami teknik dan skill Public Speaking untuk menunjang kemampuannya dalam men-deliver knowledge, skill, experience kepada para peserta Seminar, Training, Workshop, Mentoring. Sejak tahun 1994, belajar dari para expert tentang teori dan kasus-kasus pemasaran terkini untuk selanjutnya dipraktekan langsung dalam karir dunia Sales dan Marketing. Sebagai National Coordinator Public Speaking Indonesia Community, yang secara rutin melakukan kegiatan untuk mengasah para anggota semakin mahir di bidang Public Speaking, termasuk memberikan pelayanan kepada para Trainer di Indonesia untuk mendapatkan layanan Public Speaking Check Up.

Selanjutnya

Tutup

Money

CRM TIPS #15 - CRM Memaksimalkan Interaksi

25 Maret 2019   10:03 Diperbarui: 25 Maret 2019   10:07 116
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM), sebuah strategi yang banyak diimplementasikan oleh perusahaan, baik secara sadar atau tidak, mereka menjalankan strategi ini. Maksudnya secara tidak sadar bagaimana? Secara naluri bisnis, semua pemasar pasti ingin pembeli beli lagi dan lagi, atu bahasa keren-nya pelanggan loyal. 

Secara alamiah mereka melakukan hal untuk mempertahankan mereka, bersikap baik, bersikap ramah, memberikan apa yang mereka minta, dan berusaha tidak mengecewakan mereka (pelanggan). Secara alamiah, kita melakukan hal ini, karena sadar bahwa pelanggan merupakan aset berharga, jadi harus diwarat.

Namun bila semua hal di atas dilakukan secara alamiah, tanpa ada perencanaan, tanpa menggunakan strategi dan tidak ada standar, maka hasilnya tidak akan maksimal. Karena kadang dilakukan, kadang tidak, kadang setengah-setengah, dan masing-masing person dalam perusahaan melakukan dengan caranya sendiri-sendiri.

CRM = RELATIONSHIP

Kata penting dalam CRM adalah "R" atau Relationship. Bagaimana membangun reltionship atau hubungan dengan pelanggan, bagaimana pelanggan dengan perusahaan memiliki hubungan yang baik.

Mengapa hal ini penting? Hubungan yang baik merupakan modal untuk menciptaka loyalitas, lebih mudah membuat mereka loyal bila hubungannya baik. Setuju?

Oleh karena itu, strategi CRM adalah ditujukan untuk membangun Relationship antara pelanggan dengan perusahaan ini.

CRM, MEMAKSIMALKAN SETIAP INTERAKSI

Dalam beberapa pembahasan sebelumnya kita sepakat bahwa Loyalitas pelanggan berbanding lurus dengan Relationship, Relationship tercipta karena Interaksi, namun tidak sebarang interaksi, namun INTERAKSI YANG BERMAKNA. Di sinilah kunci dari strategi CRM, yaitu Interaksi yang bermakna. Bagaimana?

Kunci sukses interaksi atau komunikasi dengan pelanggan ada 4 hal yang harus diperhatikan:

Apa yang dikomunikasikan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun