Mohon tunggu...
Joko Yuliyanto
Joko Yuliyanto Mohon Tunggu... Jurnalis - pendiri komunitas Seniman NU

penulis buku KAUM MINOR Instagram : @Joko_Yuliyanto

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana

Naskah Monolog: Koin

18 Mei 2021   14:29 Diperbarui: 18 Mei 2021   14:47 241 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Naskah Monolog: Koin
dokumentasi pribadi

 

KOIN

Oleh: Joko Yuliyanto

Kehidupan lekat akan sebuah pilihan. Setiap perjalanan manusia. Dalam skala kecil hingga keputusan besar yang berdampak kepada kelangsungan hidup manusia lainnya. Pilihan-pilihan tersebut yang menentukan kemana manusia akan bergerak. Menjadi pribadi yang dipuji atau pribadi yang dibenci.

Naskah "koin" hanyalah sebuah fragmen kebudayaan manusia. Tidak melulu memberikan gambaran universal tentang sebuah pilihan. Beberapa untuk dipesankan kepada mereka yang bisa menarik gambaran besar akan tipisnya perbedaan sebuah pilihan. Ada yang dirasa baik dan lebih baik, ada yang buruk dan terlihat seperti buruk, ada kemauan tapi bukan kebutuhan, ada kewajiban tapi bukan keinginan. Semua melebur menjadi titik-titik konflik dalam diri mansuia.

KOIN! Menjadi manusia yang bisa merasa atau manusia yang merasa bisa.

Bersandiwara cukup di atas panggung, selebihnya jangan!

 

pemuda bernyanyi di sebuah kursi panjang. Ditemani bising suara kendaraan, ramai celotehan manusia yang saling menjajakan dirinya. Suara TV yang serak, suara gesakan sepatu yang berirama, dan nada-nada bersahutan di segala sisi ruangan. Suara-suara itu melemah dan kemudian hening. Dia tertidur lelap.

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x