Mohon tunggu...
Joko Yuliyanto
Joko Yuliyanto Mohon Tunggu... Jurnalis - pendiri komunitas Seniman NU
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Penulis opini di lebih dari 100 media berkurasi. Sapa saya di Instagram: @Joko_Yuliyanto

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Belajar Akuntansi Kehidupan

8 Januari 2020   10:06 Diperbarui: 8 Januari 2020   10:15 816
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber: universitas muhammadiyah malang

Sejak SMA saya menyukai pelajaran akuntansi. Kebetulan saya hanya mampu masuk penjurusan IPS, jadi ya pelajarannya seputar sosiologi, sejarah, ekonomi, akuntasi dan geografi.

Tentang cara bersosialisasi, menghitung keuangan orang atau perusahaan, meramal masa depan (ekonomi), mempelajari budaya dan asal muasal, serta gejala alam. Ternyata setelah saya pikir kembali, pelajaran IPS itu pelajaran kehidupan, berkesenian atau berestetika. Nah, kalau jurusan IPA? Mereka segerombolan orang cerdas yang suka membaca dan meneliti sesuatu.

Beberapa ada yang saya ingat, selebihnya hanya sebuah pengalaman pernah diajar guru sosiolgi/ sejarah/ ekonomi/ geografi. Bagaimana penerapan pelajaran dalam kehidupan sehari-hari? Sampai saat ini mungkin hanya sekitar 10%, selebihnya adalah pengalaman pembelajaran di luar pelajaran sekolah.

Makanya saya mau menulis tentang penerapan pelajaran akuntansi dalam kehidupan. Kenapa akuntansi? Selain karena saya suka pelajaran akuntansi, ndelalah pekerjaan saya saat ini juga berkutat tentang masalah ke-akuntansi-an.

Ini hanya tafsiran saya menyoal akuntansi. Akuntansi yang bukan sebuah seni menghitung, namun seni berkehidupan. Sekalian biar tidak terkesan percuma pernah belajar akuntansi di sekolah dan awal kuliah. Berikut istilah akuntansi yang sangat umum digunakan :

Jurnal

Merupakan kegiatan pertama untuk mencatat semua transaksi keuangan (akuntansi) secara terperinci dan berurutan sesuai waktu terjadinya. Biasanya untuk memisahkan debit dan kredit.

Dalam perjalanan kehidupan, manusia hendaknya melakukan penjurnalan pada dirinya sendiri. Bisa dalam tempo harian (menjelang tidur) atau bulanan. Penjurnalan yang saya maksudnya adalah pemisahan seberapa debet (pahala) atau kredit (dosa) yang dilakukan. Ditulis bila perlu, setidaknya memudahkan tugas malaikat Raqib dan Atid.

Aktiva vs Pasiva

Aktiva adalah harta (sumber daya ekonomi) yang dimiliki oleh suatu perusahaan untuk keberlangsungan kinerja perekonomian dimasa mendatang. Sebaliknya Pasiva adalah pengorbangan (kewajiban) ekonomi yang dilakukan perusahaan untuk menjalankan perekonomian perusahaan.

Macamnya ada banyak, seperti aktiva lancar (kas, piutang, wesel, perlengkapan, beban dibayar di muka dan banyak lagi). ada juga aktiva tetap (tanah, peralatan, bangunan dan lainnya saya lupa). sedangkan pasiva seingat saya ada pasiva jangka panjang dan jangka pendek.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun