Mohon tunggu...
Joko Soebagyo
Joko Soebagyo Mohon Tunggu...

Sedang belajar di Prodi Pendidikan Matematika UNJ Pascasarjana

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Pemanfaatan Web Khan Academy dalam Pembelajaran Matematika

16 Mei 2015   05:35 Diperbarui: 17 Juni 2015   06:57 620 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pemanfaatan Web Khan Academy dalam Pembelajaran Matematika
1431161697891054216

Pembelajaran matematika sampai saat ini masih menjadi momok bagi mayoritas siswa di seluruh dunia tidak terkecuali Indonesia.  Rendahnya kemampuan matematika menjadi indikator bagi para guru dan para penggiat pembelajaran matematika yang dapat dilihat dari hasil The Programme for International Student Assessment (PISA) tahun 2009 dan 2013.

Kita tengah menghadapi siswa yang hidup dalam era digital (Y generation), sesuai pendapat (Hirsch, Martin, Hopfensperger, & Zbiek, 2013) bahwa teknologi merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Menurut (BrckaLorenz, Haeger, Nailos, & Rabourn, 2013) salah satu bentuk teknologi yang sering dimanfaatkan saat ini adalah website dimana akitifitas pekerjaan, pendidikan, hiburan dan hubungan  sosial, semuanya dapat dialami melalui website.



Pentingnya teknologi

Menurut (Goos & Bennison, 2008), banyak peneliti dari berbagai negara yang menyatakan bahwa teknologi memainkan peranan penting dalam pembelajaran matematika di dalam kelas yang meliputi: (a) keterampilan dan pengalaman menggunakan teknologi; (b) waktu dan kesempatan untuk belajar; (c) pengetahuan tentang bagaimana teknologi terintegrasi ke dalam pembelajaran matematika; (d) belief tentang teknologi dalam pembelajaran; (e) belief tentang matematika dan bagaimana mempelajarinya.

Perkembangan internet menyediakan kekayaan informasi bagi guru matematika dan siswa di semua tingkat dan sangat berlimpah dengan sebuah keberlebihan sumber daya yang sebelumnya tidak tersedia.  Melalui media ini, menurut (Cherkas & Welder, 2011) berbagai bahan berbasis web yang bertujuan untuk meningkatkan pengajaran dan pembelajaran matematika terus-menerus dan sedang dikembangkan.  Dengan demikian dalam proses pembelajaran matematika, sudah saatnya guru matematika memanfaatkan web guna meningkatkan kemampuan matematis siswa.



Kriteria web yang baik

Ketika kita searching di google dengan keyword “web pembelajaran matematika” akan muncul 239.000 hasil pencarian.  Semua hasil tersebut dapat saja digunakan sebagai sumber pembelajaran matematika.  Tetapi menurut (Sunil & Saini, 2013) sebuah web layak dijadikan sebagai sumber pembelajaran jika memenuhi beberapa kriteria yaitu:




  1. choosing  an  appropriate  learning  approach depending on the style of the learner;
  2. choosing content depending on the learning style and approach choosing the appropriate content;
  3. choosing learning modules that can create a learning activity path;
  4. The knowledge that the learner has acquired and needs to acquire are then mapped appropriately to the learning activity mechanism that controls the generation of learning content in the recommender based learning management system.


Salah satu website yang memenuhi kriteria tersebut adalah www.khanacademy.org.

Khan Academy

Khan Academy adalah organisasi nirlaba dengan misi memberikan pendidikan bagi siapa saja secara gratis, berkelas dunia, dapat digunakan kapan saja dan di mana saja.  Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh penulis terhadap web Khan Academy, banyak didapati soal-soal matematika seperti pada soal matematika di PISA dan UN sehingga siswa diharapkan mendapat wawasan matematika lebih banyak dari sumber belajar tersebut.



[caption id="attachment_416162" align="aligncenter" width="155" caption="Gambar 1. Logo Khan Academy"][/caption]

Keuntungan bagi siswa

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x