Mohon tunggu...
Yuniarto Hendy
Yuniarto Hendy Mohon Tunggu... Pegawai Swasta

IG : yuniarto_hendy

Selanjutnya

Tutup

Digital Artikel Utama

Era Pembayaran Pindai Wajah di Tiongkok

25 Mei 2019   19:33 Diperbarui: 27 Mei 2019   03:28 1018 14 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Era Pembayaran Pindai Wajah di Tiongkok
Metode pembayaran pindai wajah semakin berkembang dan populer di Tiongkok /news.cn



 

Di stasiun metro jalur 1 kota Guiyang, provinsi Guizhou, dilakukan percobaan pemindaian wajah untuk akses pembayaran dan masuk peron (25 Mei 2019). Para warga serta wartawan dengan antusias mencoba teknologi tersebut.

Seperti yang telah diketahui, metode pembayaran yang populer saat ini adalah melalui aplikasi di ponsel, baik lewat  aplikasi Alipay maupun Wechat.

Seorang warga mencoba alat pindai wajah di stasiun metro/chinanews.com
Seorang warga mencoba alat pindai wajah di stasiun metro/chinanews.com
Alipay dan Wechat pay sudah jamak digunakan untuk melakukan pembayaran segala barang dan jasa di seluruh Tiongkok. Bahkan di beberapa negara lain juga menerima pembayaran lewat aplikasi dari grup Alibaba tersebut. Pengguna Alipay pada tahun 2018 telah menyentuh angka 870 juta dan membuat Alipay sebagai perusahaan pembayaran mobile terbesar di dunia.

Kepraktisan Alipay dirasakan hampir seluruh masyarakat Tiongkok sehingga penggunaan uang fisik menjadi menurun drastis.  Hanya bermodal aplikasi tersebut di HP anda dapat melakukan pembayaran dengan memindai kode bar yang disediakan atau dengan alat pemindai dari gerai.

Oleh karena itu, banyak masyarakat yang tidak perlu khawatir pergi tanpa membawa dompet. Semua pembayaran dapat dilakukan melalui aplikasi di Hp.

Setelah tren pembayaran Alipay atau Wechat pay, kini pembayaran juga dapat dilakukan dengan cara pindai wajah. Tiongkok sepertinya telah menjadi pelari unggul dalam teknologi pindai wajah.

Pada tahun 2017 sebuah bandara di kota Nanyang, provinsi Henan telah memasang sistem check-in dengan sistem pengenalan wajah yang dikembangkan oleh Baidu, operator mesin pencari internet yang dominan di Tiongkok.

Sedangkan pada tahun 2018, pindai wajah untuk melakukan check-in dan boarding telah tersedia di berbagai bandara.

Alat pindai wajah juga sering dijumpai di bandara/chinanews.com
Alat pindai wajah juga sering dijumpai di bandara/chinanews.com
Pada tahun 2017 Alipay telah meluncurkan cara baru untuk membayar di KFC, yaitu dengan tersenyum. Saat itu, sistem pembayaran wajah hanya tersedia di satu KFC di Hangzhou. Perusahaan di balik teknologi itu, yaitu Ant Financial, anak perusahaan Alibaba, mengatakan bahwa teknologi Smile to Pay memerlukan sekitar satu hingga dua detik pemindaian wajah dengan kamera 3D dan algoritma pendeteksian untuk memeriksa identitas orang yang membayar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN