Mohon tunggu...
Yuniarto Hendy
Yuniarto Hendy Mohon Tunggu... Penulis lepas

hanya menulis di waktu luang saja. IG : Yuniarto_Hendy

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana

Sastra Indonesia 2017: Karya dan Penghargaan bagi Penulis Sastra

22 Desember 2018   12:35 Diperbarui: 31 Desember 2018   21:41 0 0 0 Mohon Tunggu...
Sastra Indonesia 2017: Karya dan Penghargaan bagi Penulis Sastra
Berbagai novel Indonesia di rak buku perpustakaan

Sastra Indonesia pada tahun 2017 diwarnai dengan beragam karya sastra dan peristiwa-peristiwa sastra. Tulisan ini diawali dengan pembahasan tentang enam novel populer yang berpengaruh pada tahun 2017. Peristiwa-peristiwa sastra yang dibahas meliputi penghargaan sastra, musyawarah tahunan sastra, dan pameran buku internasional. Karya sastra tahun 2017 terutama novel memiliki ciri khas pada temanya yaitu mengenai cerita cinta masa remaja dengan bermacam-macam latar belakang kehidupan di dalamnya.

Tere Liye kembali mengeluarkan novel bertema fantasi berjudul Bintang. Novel yang telah ditunggu-tunggu oleh penggemar tulisan Tere Liye ini ternyata memang mampu membius pembaca dengan alur ceritanya. 

Tidak diragukan lagi bahwa sastrawan yang telah menulis 27 novel tersebut memang pengarang yang selalu bisa membuat para penikmat novelnya larut ke dalam alur cerita. Novel Bintang ini merupakan seri dari novel Bumi, Bulan, dan Matahari. Novel ini menceritakan tiga orang sahabat bernama Raib, Seli dan Ali yang melakukan petualangan fantasi.

Penulis yang berhasil dengan novel Negeri 5 Menara, Ahmad Fuadi, kembali sukses dengan novel terbarunya yang berjudul Anak Rantau. Fuadi mengangkat cerita tentang seorang remaja bernama Hepi yang sering bolos sekolah. Akhirnya, ayahnya menitipkan Hepi ke rumah kakek dan neneknya di Kampung Tanjung Durian. 

Di sanalah banyak pelajaran hidup yang akhirnya didapatkannya. Melalui novel ini pembaca belajar bagaimana kehidupan di pedesaan dapat membentuk karakter seseorang menjadi karakter yang berbudi. 

Banyak adat istiadat yang dihadirkan dalam cerita ini sehingga membuat para pembaca sedikit tahu tentang adat Minang. Selain itu, juga terdapat pepatah khas Minang yang disajikan di dalam novel ini, seperti Nak satitiak jadikan lawuik, nak sakapa jadikan gunuang, alam takambang jadi guru yang berarti "yang setetes jadikan laut, yang sekepal jadikan gunung. 

Alam terkembang jadi guru". Novel Anak Rantau memberi amanat kepada pembaca bahwa agama dan adat tidak saling bertentangan. Selain itu, memaafkan dan melupakan dendam lama adalah amanat yang penting dalam novel ini.

Sastrawan yang terkenal dengan novel-novel islami, Habiburrahman El-Shirazy, mengeluarkan buku terbarunya berjudul Bidadari Bermata Bening. Novel yang bertema Islam dan juga romantis ini menceritakan dua insan yang saling memendam cinta, yaitu Ayna dan Gus Afif. Tokoh utama dalam novel ini adalah Ayna yang merupakan seorang pembantu pesantren yang bertugas menyiapkan makan para santri. 

Banyak penderitaan yang harus dilalui tokoh utama sehingga membuat pembaca seolah-olah mengalami langsung penderitaanya. Cerita di novel ini berlatar belakang pesantren di Jawa Tengah. Oleh karena itu para pembaca dapat melihat kehidupan para santri di sekolah Islam dengan lebih jelas.Selain itu, pembaca dapat memahami nilai-nilai Islam dari para tokoh di dalamnya.

Novel populer tahun 2017 selanjutnya berjudul Konspirasi Alam Semesta yang lahir dari seorang musisi dan penulis bernama Fiersa Besari. Novel ini sangat populer di media sosial. Kutipan-kutipannya bisa ditemui berbagai media sosial seperti, Facebook, Twitter, Instagram, dan media sosial yang lain. Isi novel tersebut merupakan album musik yang pernah ia rilis pada tahun 2015, yang kemudian dipadukan dengan naskah sehingga akhirnya dilahirkan kembali dalam bentuk buku pada tahun 2017. 

Konspirasi Alam Semesta bercerita tentang seorang lelaki berusia 26 tahun bernama Juang yang bebas dan cenderung tidak mau diatur. Dia bekerja sebagai wartawan lepas, petualang, dan penulis. Juang yang acuh tak acuh tanpa sengaja bertemu dengan seorang gadis bernama Ana Tidae. Juang jatuh hati pada gadis cantik itu saat pertemuan pertamanya dan menjalani hubungan percintaan dengannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6