Media

Dashyatnya Fenomena Media Sosial bagi Remaja

7 Desember 2018   17:00 Diperbarui: 7 Desember 2018   17:34 143 0 0

Sosial media adalah sebuah wadah untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain tanpa adanya batasan ruang dan waktu. Karena seseorang bisa Online kapanpun ia mau. Sosial media menjadi sangat populer belakangan ini. Hampir semua kalangan menggunakan sosial media. Mencari seseorang yang tidak menggunakan sosial media justru akan sulit. Karena sosial media ini telah mempermudah cara berkomunikasi manusia.

Sosial media memiliki hal positif, namun tidak terlepas juga dari hal negatif. Banyak juga yang menganggap sosial media membuat orang menjadi kecanduan dengan selalu bermain dengan sosial media. Sosial media juga menjadi tempat untuk peyebaran hoax, fitnah ataupun menjadi tempat untuk menebar kebencian. Hal ini menjadi sisi gelap bagi sosial media, karena semua orang dapat melihat semua hal yang sudah ter-upload ke sosial media.

Dari anak-anak hingga remaja pun dapat melihat sebuah konten yang seharusnya tidak boleh dilihat oleh kalangan remaja dan anak-anak. Bagi remaja, menggunakan sosial media tentu menjadi sebuah keharusan. Hal ini menjadi sebuah budaya.

Banyak remaja yang hanya bermain dengan sosial media dapat menghasilkan uang, menjadi seorang influencer, dan bahkan dapat menjadi seorang selebriti. Namun hal ini juga mengkhawatirkan, karena banyak orang yang tidak dapat lepas dari gadget dan sosial medianya. Termasuk dari kalangan remaja, dimana sosial media telah menjadi sebuah keharusan.

Peran orang tua sangatlah penting dalam fenomena seperti ini. Diperlukan  pengawasan beserta bimbingan orang tua untuk agar terhindar dari hal negatif yang ada di dalam sosial media. Karena sosial media juga memberikan dampak positif, seperti informasi baru tentang suatu hal atau mempermudah komunikasi seseorang melewati sosial media.

Sosial media pun bisa digunakan oleh remaja untuk menunjukkan talenta mereka. Banyak penyanyi remaja yang berasal dari sosial media, contohnya seperti Nadin Amizah atau akrabnya disebut sebagai cakecaine. Ia telah sukses menjadi seorang penyanyi.

Oleh karena itu, orang tua pun harus mengawasi anak remaja mereka untuk menangani fenomena ini. Jika tidak diawasi, mereka hanya akan mendapatkan sisi negative dari sosial media. dan sebagai remaja pun harus sudah mulai paham dan memilah mana hal yang benar dan yang tidak.