Mohon tunggu...
Johansen Silalahi
Johansen Silalahi Mohon Tunggu... Peneliti Muda

Saya adalah seorang masyarakat biasa yang menyukai problem-problem sosial, politik, lingkungan, kehutanan. Semoga bisa berbuat kebajikan kepada siapapun. Horas

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Dahsyatnya Dampak Covid-19

1 Juni 2020   12:57 Diperbarui: 1 Juni 2020   13:07 160 43 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dahsyatnya Dampak Covid-19
Sumber foto: tirto.id

Tulisan ini diilhami dari rasa penasaran penulis terhadap dampak pandemik Covid-19 terhadap segala sektor terutama yang berkaitan dengan sosial ekonomi secara rinci dan jelas. Seperti kita ketahui bahwa pandemik Covid-19 menyebabkan banyak sektor terganggu, seperti sektor transportasi, pendidikan, kesehatan, pariwisata dan lain-lain. 

Penulis mencoba menelusuri berdasarkan informasi ilmiah yang cukup kompeten karena dikoreksi oleh para pakar. Kali ini penulis mendapatkan artikel yang sangat bagus menurut saya menjelaskan secara jelas dampak pandemik Covid 19 ditinjau dari aspek sosial ekonomi. 

Artikel ini berjudul tentang: Sebuah tinjauan: Dampak Sosial Ekonomi Dari Pandemik Covid-19, yang ditulis oleh Maria Nicola et al. (2020). Artikel ini menurut penulis secara lengkap menjelaskan dampak dari pandemik Covid 19 dan strategi yang diterapkan beberapa negara untuk mengatasi pandemik Covid-19, seperti: Amerika Serikat, China, Jepang, Euro, United Kingdom. 

Menurut Nicola et al. (2020) dalam artikelnya dijelaskan beberapa dampak yang diakibatkan pandemik Covid-19 dalam sektor sosial ekonomi. Dampak pandemik Covid-19 dari aspek sosial adalah pada dinamika keluarga, yang mencakup pada permainan video game, kekerasan dalam rumah tangga. 

Pada artikel ini dijelaskan bahwa pandemik Covid-19 menyebabkan terjadinya kekerasan, pelecehan fisik, emosional dan seksual terjadi. Hal ini terjadi karena adanya anjuran pemerintah terkait jaga jarak, di rumah aja dan lain-lain yang membuat aktivitas di rumah aja. Permainan (game) menjadi alternatif kegiatan yang disukai oleh masyarakat terutama yang melek teknologi dan ternyata dunia game juga mengalami dampak karena banyaknya pertandingan-pertandingan dunia yang tertunda.  

Dampak Covid-19 juga berdampak terhadap dunia pariwisata paket penawaran dan permintaan pariwisata menjadi terganggu. Dampak lainnya adalah sektor penerbangan yang mengalami penurunan pendapatan karena adanya anjuran jaga jarak dan di rumah saja sehingga banyak pembatalan penerbangan dan penurunan pemesanan tiket penerbangan. Sektor perhotelan juga sangat lesu akibat pandemik Covid-19 ini karena kurangnya permintaan pesanan kamar, pekerja yang di PHK atau dicutikan sementara waktu.

Dampak pandemik Covid 19 juga berdampak kepada sektor pertanian karena adanya penurunan permintaan dari hotel dan restauran terkait anjuran pemerintah untuk memutus pandemik Covid-19. Selain hal diatas dampak pandemik Covid-19 juga berdampak terhadap sektor pangan terutama adanya panic buying yang berdampak kepada distribusi pangan tidak merata. 

Di Indonesia juga sangat berdampak terlebih pada aktivitas masyarakat kita yang suka menggelar dan menghadiri hajatan baik itu pernikahan dan kematian tetapi karena Covid-19 semua jadi terganggu. Dampak pandemik Covid-19 juga melanda sektor perminyakan karena harga minyak jatuh sehingga dapat kita bayangkan negara yang menggantungkan ekonominya dari sektor minyak. 

Industri farmasi juga mengalami permasalahan akibat Covid-19 ini karena kesulitan memperoleh bahan baku yang umumnya masih impor seperti yang dialami Amerika Serikat, industri farmasinya mengimpor dari India (18%), UE (26%) dan China (13%). Dari sektor kesehatan juga berdampak akibat Covid-19 terutama terkait sistem perawatan kesehatan, kerentanan tenaga medis, biaya perawatan yang cukup tinggi, sebagian individu tidak memiliki asuransi. 

Sektor lain yang cukup terganggu adalah industri manufaktur terutama mencakup bahan industri yang masih impor dan kekurangan pegawai akibat anjuran isolasi diri. Sektor perumahan/bangunan atau proyek juga terdampak akibat pandemik Covid 19 ini terutama saat proses penjualan perumahan atau bangunan dan kemampuan indvidu untuk membayar perumahan atau bangunan menjadi terganggu karena pendapatan berkurang. 

Selain hal diatas industri olahraga juga terganggu karena banyaknya pertandingan-pertandingan besar yang terganggu seperti Grand Prix, olimpiade, liga-liga sepakbola dan lain-lain. Sektor penelitian dan pengembangan, media dan teknologi informasi juga terganggu karena memerlukan biaya yang sangat besar terutama dalam penemuan vaksin, pengadaan ventilator dan lain-lain. Industri keuangan juga berdampak akibat pandemik Covid-19 terutama pasar keuangan dan ekonomi global akibat ketidakpastian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN