Mohon tunggu...
Johansen Silalahi
Johansen Silalahi Mohon Tunggu... Peneliti Muda

Saya adalah seorang masyarakat biasa yang menyukai problem-problem sosial, politik, lingkungan, kehutanan. Semoga bisa berbuat kebajikan kepada siapapun. Horas

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Pengalaman Kuliah di Korea Selatan

15 Desember 2018   22:17 Diperbarui: 15 Desember 2018   22:58 626 2 1 Mohon Tunggu...

Pengalaman Kuliah di Korea Selatan
Oleh:
Johansen Silalahi, S.Hut
(Mahasiswa Pascasarjana di Yeungnam University, Republic of Korea)

Beberapa pakar menyatakan bahwa pendidikan merupakan salah satu jalan untuk mengangkat derajat manusia untuk menuju lebih baik. Pendapat diatas banyak benarnya jika kita melihat beberapa tokoh-tokoh yang sangat berpengaruh bahkan kita anggap sukses di dalam negeri maupun luar negeri. 

Beberapa diantara tokoh-tokoh dunia tersebut banyak yang berasal dari kuliah di luar negeri. Banyak orang bercita-cita ingin menggapai pendidikan yang lebih tinggi bukan hanya di Indonesia tetapi di luar negeri. Dewasa ini, peluang untuk mengenyam pendidikan di luar negeri semakin terbuka karena majunya arus teknologi di era keterbukaan informasi. 

Beberapa negara maju menawarkan beberapa beasiswa kepada putra-putri Indonesia untuk mengenyam pendidikan yang lebih tinggi di negara mereka, contohnya: Negara Amerika Serikat, Belanda, Jerman, Jepang, Australia, Korea Selatan dan lain-lain. 

Di dalam negeri juga banyak ditawarkan beasiswa kepada putra-putri terbaik kita untuk kuliah di perguruan tinggi favorit di dalam negeri maupun luar negeri, contohnya: beasiswa LPDP, beasiswa Bidikmisi, beasiswa sponsor, dan lain-lain. Setiap negara dan lembaga sponsor tentunya memiliki persyaratan yang berbeda-beda dalam menawarkan beasiswa kepada Warga Negara Indonesia. 

Terlepas dari itu, perlunya kesiapan yang matang dan serius dalam mempersiapkan syarat-syarat dalam pengajuan beasiswa tersebut.

Ada beberapa syarat yang sangat penting dan umum dibutuhkan dalam melamar beasiswa seperti daftar riwayat hidup (CV), sertifikat TOEFL/IELTS, rencana studi, ijazah dan transkrip yang sudah diterjemahkan, dan lain-lain. 

Menjadi pertanyaan adalah, seberapa pentingkah belajar di luar negeri? Belajar atau kuliah di luar negeri tentunya adalah suatu pengalaman yang tidak dapat kita lupakan terlebih negara yang kita kunjungi adalah negara maju dan mapan ataupun memiliki keunikan tertentu. 

Pengalaman kuliah seperti yang dialami penulis di Korea Selatan tentunya sangat menambah wawasan maupun pengalaman dalam menambah pengembangan diri sendiri atau karir kedepannya. Banyak pengalaman yang didapat penulis ketika menimba ilmu di Korea Selatan. Beberapa pengalaman yang diperoleh penulis selama kuliah di Korea Selatan adalah sebagai berikut:

a). Mengenal Negara Korea Selatan lebih detail
Korea Selatan tentunya mendapat hati dari masyarakat Indonesia terlebih dengan banyaknya produk-produk dari negeri gingseng ini membanjiri pasar Indonesia. Beberapa produk yang cukup sering dijumpai di Indonesia adalah: telepon genggam, drama Korea, K-Pop, taekwondo, mobil, dan sebagainya. 

Dengan kuliah di Korea Selatan, penulis mendapat informasi bagaimana negeri gingseng ini membangun negaranya dari negara yang tidak mempunyai harapan menjadi negara yang cukup disegani di dunia atau dari negara penerima menjadi negara donor. 

Beberapa praktisi menyatakan bahwa kebangkitan Korea Selatan diawali dengan semangat Saemaul Undong (pembangunan dari desa) yang dipelopori oleh Presiden Park Chung Hee terdahulu, sistem pendidikan yang baik, kebijakan ekonomi yang surplus ekspor dan lain-lain. Informasi ini tentunya sangat berharga bagi kita terlebih penulis yang juga memiliki latar belakang dibidang kehutanan dapat melihat bagaimana negeri gingseng ini dapat membangun hutannya dengan lestari dan sangat diakui keberhasilannya oleh masyarakat dunia. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x