Mohon tunggu...
Y. P.
Y. P. Mohon Tunggu... Sales - #JanganLupaBahagia

Apabila ada hal yang kurang berkenan saya mohon maaf, saya hanya orang biasa yg bisa salah. Semoga kita semua diberikan kesehatan dan kesejahteraan. Aamiin.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Mengatasi Mati Listrik ala Pegawai Kantoran

7 Agustus 2019   10:30 Diperbarui: 8 Agustus 2019   09:36 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Mati Listrik - WRDW.com

Sebenarnya sebagai orang yang bekerja di luar pulau Jawa, mati listrik itu bukanlah sesuatu yang menghebohkan. Sudah hal yang lumrah saja terjadi mati listrik. Yang membedakan hanyalah mati listriknyanya ini kurang dari 6 jam atau lebih dari 6 jam.

Ketika Rumah/Kost Mati Listrik

Biasanya kalau rumah mati listrik, belum tentu kantor ikut mati listrik juga. Kebetulan kantor saya kerja itu buka hampir 24 jam. Saya lebih memilih untuk pergi ke kantor daripada tinggal di rumah. Bisa ngecharge HP, dan bisa main game atau nonton film di kantor.

Kalaupun jaringan listrik kantor ikut terdampak mati listrik PLN, kantor punya generator yang kuat untuk menyalakan peralatan elektronik yang ada di kantor. Jadi tidak ada masalah kalau rumah atau kantor yang mati listrik.

Sebagai generasi millennial saya juga sangat berat bila tidak ada listrik dan koneksi internet. Untung saja kantor infrastrukturnya mendukung, kalau tidak mungkin saya memilih untuk pergi ke mall atau memancing saja sembari menunggu listrik menyala.

Mati Listrik Di luar Kantor

Tantangan berat yang saya hadapi justru pada saat yang mati listrik ini adalah daerah diluar kantor. Kebetulan saya bekerja di unit yang menangani ATM dan setiap saat kinerja uptime (waktu operasional) ATM selalu dihitung. Ketika ATM mati 1 jam saja, sudah tentu target uptime tidak akan tercapai. 

Atasan saya adalah orang yang pertama kali akan bertanya kepada saya bila kinerja ATM tidak baik. Bila alasan mati listrik yang saya utarakan biasanya beliau tidak suka. Meskipun pada kenyataanya memang mati listrik membuat kinerja uptime ATM jadi menurun.

Pada saat itu saya pernah mensupervisi ATM se pulau Kalimantan dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Setiap hari selalu ada mati listrik, ada yang 1 jam ada juga yang sampai 6 jam bahkan lebih. Kalau gangguan seperti SUTET putus, itu bisa mati lebih dari 12 jam.

Untuk mengatasinya, kadang saya berburu postingan di sosial media seperti Facebook. Saya print screen postingan fanspage resmi PLN lokal. Hal itu saya gunakan untuk menyanggah ke Kantor Pusat bahwa downtime yang terjadi sebagian adalah hasil dari mati listrik PLN. Bila sanggahan saya diterima, biasanya ada koreksi kinerja Uptime  bulanan ATM. Tapi kinerja secara mingguan tetap ditampilkan apa adanya.

 Demikian cerita saya, bagaimana ceritamu?

-JPamZ-

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun