Mohon tunggu...
Y. P.
Y. P. Mohon Tunggu... Sales - #JanganLupaBahagia

Apabila ada hal yang kurang berkenan saya mohon maaf, saya hanya orang biasa yg bisa salah. Semoga kita semua diberikan kesehatan dan kesejahteraan. Aamiin.

Selanjutnya

Tutup

Bola

Siklus 20 Tahun Untungkan Timnas Kroasia

14 Juli 2018   08:26 Diperbarui: 14 Juli 2018   08:57 589
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Luka Modric dan Mario Mandzukic | kompas.com

Entah mitos atau fakta, yang jelas banyak pihak meyakini adanya siklus 20 tahun dalam ajang piala dunia sepak bola. Konon kabarnya setiap 20 tahun sekali akan muncul juara dunia baru dalam perhelatan sepak bola terbesar sejagad.

Berikut ini adalah daftar juara Piala Dunia dari tahun 1950 :

  1. Piala Dunia 1950: Uruguay
  2. Piala Dunia 1954: Jerman Barat
  3. Piala Dunia 1958: Brasil
  4. Piala Dunia 1966: Inggris
  5. Piala Dunia 1970: Brasil
  6. Piala Dunia 1974: Jerman Barat
  7. Piala Dunia 1978: Argentina
  8. Piala Dunia 1982: Italia
  9. Piala Dunia 1986: Argentina
  10. Piala Dunia 1990: Jerman Barat
  11. Piala Dunia 1994: Brasil
  12. .Piala Dunia 1998: Prancis
  13. Piala Dunia 2002: Brasil
  14. Piala Dunia 2006: Italia
  15. Piala Dunia 2010: Spanyol
  16. Piala Dunia 2014: Jerman
  17. Piala Dunia 2018: ???????

Jika anda perhatikan data di atas maka pada piala dunia tahun 1958 Brazil menjadi juara untuk pertama kalinya. Setelah 20 tahun berlalu, tepatnya pada piala dunia 1978 Argentina berhasil menjadi juara untuk pertama kalinya juga. Melompat lagi 20 tahun kedepan dan Prancis lah yang berhasil jadi juara baru pada Piala Dunia 1998.

Diluar mitos tersebut sesungguhnya Kroasia memiliki rekam jejak pertadingan yang bagus selama piala dunia 2018. Kroasia adalah tim yang menghentikan tuan rumah Rusia di kandangnya sendiri. Kedua tim tersebut bertemu di babak perempat final, mereka bermain imbang dengan skor 2-2 selama 120 menit. Pertandingan dilanjutkan dengan adu pinalti dan Kroasia berhasil menang walau berada dibawah tekanan suporter tuan rumah. Saya yakin ini bukan perkara mudah. Dibutuhkan mental yang kuat untuk tetap fokus bertanding tanpa tertekan suporter tuan rumah.

Negara dengan wilayah geografis seperti bulan sabit ini memiliki luas wilayah sebesar 56,594 km2. Pada tahun 2017 jumlah penduduknya sekitar 4.154.200. Kalau dihitung-hitung jumlah penduduknya itu hanya separuh dari warga DKI Jakarta. Sebuah pencapaian yang luar biasa, mereka bisa lolos ke final piala dunia.

Kalau saya lihat jadwal pertandingan final piala dunia itu jatuhnya hari Minggu tanggal 15 Juli 2018 pukul 22:00 WIB. Karena saya berada di Kalimantan Selatan maka disini sudah pasti 1 jam lebih maju yaitu pukul 23:00 WITA. Saya sudah berpesan pada istri untuk nonton bareng. Rencananya Minggu siang saya akan tidur siang.

Selain itu saya juga berpesan ke istri, jangan nonton bola tanpa Kacang Garuda. Saya minta istri saya jangan lupa beli kacang garuda waktu belanja ke supermarket. Saya termasuk orang yang mudah mengantuk. Jadi meskipun sudah minum kopi, saya tetap bisa mengantuk kalau nonton bola malam-malam tidak ngemil. Selain itu saya juga khawatir kedua tim ini bermain aman dan tidak terjadi jual beli serangan. Hal itu pasti sangat membosankan dan bikin ngantuk. Oleh karenanya saya berupaya supaya tidak tertidur. Agar saya bisa melihat secara langsung apakah mitos 20 tahun ada juara baru itu kembali terbukti atau hanya sebatas mitos belaka. 

Apakah anda juga penasaran dengan hasilnya nanti? Yuk sama-sama saksikan final piala dunia 2018 dimanapun anda berada.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun