Mohon tunggu...
Johanna Ririmasse
Johanna Ririmasse Mohon Tunggu... Wiraswasta - Menulis

L.N.F

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Me Time

22 November 2019   17:34 Diperbarui: 22 November 2019   17:41 74 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Me Time
Potret Taman/Dokpri

"Kak, apakah kakak juga menyediakan waktu untuk diri sendiri? Maksud saya, "Me Time" gitu lho, Kak!" Pertanyaan pendek yang ditanyakan oleh salah satu orang tua, yang anaknya aku bimbing dan ajar di rumah selama hampir dua tahun ini, menghentikan langkah kaki aku yang sudah hampir tiba di depan pintu rumahnya.

"Kadang kita perlu waktu untuk diri kita sendiri, Kak. Apalagi kita kan sibuk bekerja dengan berbagai macam problema dalam dunia kerja, juga sebagai ibu rumah tangga yang sibuk mengurus keluarga. Maka, kita butuh "Me Time" waktu untuk diri sendiri. Dimana kita bisa mengerjakan apa yang kita senangi, entah itu hobi kita, atau sekedar mendengar musik atau nonton film di bioskop, atau sekedar "hang out" dengan teman, mencari suasana baru diluar rutinas yang kita lakukan setiap hari." Pertanyaan singkat tentang "Me Time" berubah menjadi sebuah sharing singkat sore itu.

Me Time merupakan istilah dari bahasa Inggris, yang bila diterjemahkan secara sederhana..Me adalah aku atau ku. Sedangkan, Time adalah waktu. Maka, Me Time berarti waktuku. Bila dilihat dari makna kata atau penunjukan istilah tersebut, Me Time juga bisa berarti waktuku yang bebas dan kunikmati. Maka, Me Time juga  merujuk pada waktu bebas seseorang yang dinikmatinya, untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan dalam hidup.

Menikmati Me Time di Taman/Dokpri
Menikmati Me Time di Taman/Dokpri

Jika, Me Time adalah waktu bebas seseorang yang dinikmati untuk melakukan hal-hal yang menyenagkan dalam hidup. Hal-hal yang menyenangkan dalam hidup bisa bersumber dari dalam diri individu maupun di luar diri individu. Misalnya, hobi, pemandangan, sampai dengan liburan. Kita melakukan hal-hal yang menyenangkan diluar rutinitas sehari-hari kita, sehingga kita bisa santai atau rileks sejenak.

Me Time juga tak memerlukan biaya yang mahal. Pada dasarnya, Me Time juga dipengaruhi oleh gaya hidup seseorang. Misalnya, buat seseorang yang memiliki uang berlebihan yang diatur untuk digunakan bagi Me Time. Maka, liburan, ke salon, "shooping" akan dilakukan untuk Me Time. Me Time juga dapat dihabiskan tanpa memerlukan biaya yang besar tanpa perlu perencanaan yang besar. Tetapi, Me Time dapat dilakuka dengan spontan tanpa biaya yang besar. Misalnya, mengunjungi taman kota sambil menikmati matahari pagi dan senja. Atau, sekedar mampir di restoran atau cafe, menikmati kopi atau susu cokelat sambil mendengar musik.

Kita juga bisa membeli atau menyewa DVD film kesukaan dqn menonton film di rumah, sambil menikmati pop cotn atau spagethi buatan sendiri. Juga, kita bisa melakukan hobi yang kita suka seperti membaca buku, menulis, memotret, menanam dan merawat tanaman di halaman rumah, dan sebagainya.

Memotret Pemandangan/Dokpri
Memotret Pemandangan/Dokpri

Me Time juga bermanfaat dalam kehidupan kita. Beberapa manfaat Me Time dalam hidup kita, adalah sebagai berikut :

1. Melepas Kejenuhan dan Bebas dari Stress. Secara sederhana, stress dapat diartikan tekanan dalam hidup. Sumber stress bisa disebabkan oleh berbagai persoalan dalam hidup kita. Me Time menolong kita untuk melepas kejenuhan dari rutinitas, sehingga kita bisa santai dan menikmati waktu kita. Maka, Me time juga mengurangi atau membebaskan kita dari tekanan atau stress dalam hidup.

2. Refleksi diri. Me Time juga menolong kita untuk merefleksi diri, dimana kita bisa belajar untuk mensyukuri hal-hal sederhana dalam hidup. Bahkan, kita bisa memasuki zona spritual kita, menjalin hubungan yang dalam dengan Tuhan. Kita belajar melihat kehidupan ini dalam kehendak dan rencana Tuhan. Maka, kita akan menyatu dengan Tuhan dan alam semesta.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x