Mohon tunggu...
Johan Kelvin
Johan Kelvin Mohon Tunggu... Auditor - Mahasiswa

Mahasiswa Trisakti School Of Management

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Peran Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan

18 Agustus 2021   02:57 Diperbarui: 18 Agustus 2021   02:57 97 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Peran Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Seiring berjalannya waktu Budaya Organisasi merupakan suatu hal yang wajib dimiliki oleh suatu perusahaan yang bertujuan untung mengembangkan nilai-nilai serta tindakan yang sifatnya untuk mendukung adanya usaha yang dijalani pada orgaisasi, Budaya organiasai sering kali melakukan suatu pekerjaan yang baik dalam menajalnkan suatu nilai budayanya, kemudian dapat membentuk untuk menetapkan suatu program, strategi dan kebijakan yang dibentuk oleh pemimpin yang sudah disepakati oleh para anggota organisasi. Mengembangkan dan mengelola suatu kebudayaan merupakan cara terbaik dalam memfokuskan dan mempertahankan sifat-sifat yang telah dijalankan dari waktu-waktu sebelumnya dimana merupakan kebiasaan yang sering dilakukan yang mana daapt mendukung efektifitas organisasi di dalamnnya.

Dalam sebuah organisasi ketika semua anggota melakukan suatu pekerjaan yang sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan oleh seorang pemimpin merupakan cara untuk menetapkan strategi, program dan kebijakan untuk mencapai tujuan. Maka dari itu, pentingnya suatu budaya organiasai sangatlah penting bagi anggota untuk mengembangkan dan meningkatkan kinerja.

Disisi lain, disini memiliki perbedaan antara budaya organisasi dan budaya perusahaan, dimana Budaya organisasi yang berfokus pada suatu asumsi dan nilai serta suatu komunikasi dan berkontribusi pada penerapan dilingkungan sosial dan psikologis suatu organisasi. sedangkan budaya perusahaan memiliki fokus terhadap perusahaan-perusahaan swasta,bisnis kecil.

Pada dasarnya kedua hal tersebut sama tetapi memiliki impelemntasi dan pengaturan yang berbeda antar kepentingnan satu sama lainnya. Faktor-faktor terjadinya perusahaan dalam organisasi perusahaan yaitu, adanya faktor Eksternal dan Internal misalnya faktor Ekternal yaitu berupa Perkembangan Teknologi, Faktor Ekonomi dan Peraturan pemerintah. Dan untuk Faktor internal berupa masalah apda internal anggota organisasi yaitu SDMnya itu sendiri

Cara untuk menciptakan Budaya Organisai yang Positif ditempat anda :
1. Ciptakan suatu nilai dan attitude yang baik pada organsiasi
2. Menciptakan dan memelihara komunikasi dan kolaborasi yang baik
3. Memiliki lingkungan anggota organisasi yang bersifat menghargai dan memahami kinerja dan tanggung jawab masing-masing.
4. Memberikan pemhamanan atas tujuan dan reward yang jelas kepada anggota atau karyawan.

Apakah pengaruh budaya menjadi Beban bagi anggota organisasi ?

Angggota pada organisasi akan memiliki beban ketika tidak bisa menjalankan budaya organisasi yang baik dan sesuai standard yang ada, karena pada setiap individu mereka memiliki budaya yang berbeda, sama halnya dengan organisasi yaitu kebijakan yang ketat seta auran yang bertolak belakang dengan budaya diri sendiri menjadi masalah bagi anggota yang bertolak belakang akan budaya yang dimiliki oleh dirinya. sehingga butuh waktu untuk beradaptasi dengan organisasi tersebut.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan