Mohon tunggu...
Johanis Malingkas
Johanis Malingkas Mohon Tunggu... Penulis - Penikmat kata

Menulis dengan optimis

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Upaya Pemberdayaan Kompasianer

26 April 2022   11:37 Diperbarui: 26 April 2022   12:05 270 60 30
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
logo kompasiana(sumber:kompasiana.com)

Sudah saatnya dipikirkan bersama sama bagaimana pegiat kompasiana atau kompasianer untuk diberdayakan. Artinya, potensi SDM ini dicarikan peluang untuk lebih meningkatkan kemampuan dan ketrampilan menulisnya agar ke depan mereka dapat memperoleh tambahan penghasilan.

Upaya pemberdayaan ini memelukan strategi dan taktik spesial melalui program gerakan pemberdayaan kompasianer. Apa dan bagaimana mekanisme kerjanya gerakan ini?

Tulisan ini hanyalah sebuah gagasan kecil yang perlu kita bicarakan secara bersama sama antara pihak pengelola kompasiana dengan para kompasianer.

Pemberdayaan potensi kompasianer.

Apakah selama ini kompasianer telah diberdayakan secara maksimal?  Apakah hanya dengan menulis, membaca dan berinteraksi di rumah besar ini sudah cukup? Apakah kegiatan blog compertition, kompasianival dan k reward serta webinar itu sudah cukup memberikan nilai tambah dalam kehidupan kita sebagai kompasianer?

Jawabannya ada dalam diri setiap kompasianer.

Selama berada di kompasiana dan beraktiivitas sekitar 7 Tahun saya perhatikan terjadi dinamika kehidupan berkompasiana. Munculnya kompasianer pemula dari kalangan milenial menjadi warna menarik. Inilah konsekwwensi logis dari suatu proses regenerasi di dalam kompasiana. Beberapa kompasiana lama  sudah semakin jarang muncul dan berinteraksi dan hanya sekali kali memberikan komentar di ruang komentar artikel.

Masih terdapat kompasianer lama yang bergabung sejak tahun 2010 an yang aktif menulis dan berinteraksi di kompasiana.

Kalau tidak salah kompasianer yang ada di kompasiana sekitar 700 ribuan dan saya tidak tahu pasti yang aktif berkompasiana hingga saat ini.  Dari jumlah kompasianer yang ada hingga kini, saya anggap sebagai potensi SDM yang perlu diberdayakan. Apalagi ada kompasianer yang aktif dan membentuk komunitas sesuai hobi dan minat. Komunitas ini memiliki prospek dan peluang kegiatan pemberdayaan yang perlu diraancang secara terpadu dan terarah.

Berdayakan dalam program kemitraan.

Saya melihat aktiivitas kemitraan ini telah berjalan melalui blog competition, misalkan dengan pihak perbankan (BI, BCA, banks sasta lainnya) juga perusahaan swasta misalkan ADIRA, dan lain lain. Semua aktivitas ini tak lepas dari upaya pengelola kompasiana bagaimana melakukan pendekatan dengan pihak luar dan memberdayakan kemampuan dan ketrampilan menulis kompasianer dalam berkompetisi lewat artikel-artikelnya.

Program kemitraan ini sangat penting dan perlu dilanjutkan terus sehingga hal ini akan lebih mendorong kompasianer dalam beraktivitas mengikuti program ini yang pada giliran selanjutnya kompasianer ini akan memperoleh nilai tambah penghasilannya.

Catatan pemikiran pemberdayaan kompasianer.

Pertama, kunci utama sasaran yang ingin dicapai dalam program pemberdayaan ini adalah untuk mencari alternatif aktivitas selain menulis dan berinteraksi yaitu upaya menciptakan kesejahteraan kompasianer.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan