Mohon tunggu...
Johanis Malingkas
Johanis Malingkas Mohon Tunggu... Penulis - Penikmat kata

Menulis dengan optimis

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Desember di Mata Hatiku!

3 Desember 2021   23:49 Diperbarui: 3 Desember 2021   23:56 212 55 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
desember(sumber:idntimes.com)

Desember adalah bulan ke dua belas. Bulan yang berisi 31 hari. Bulan yang akan berisi aktivitas manusia yang beraneka ragam. 

Di Kompasiana kita dapat menyimak beberapa tulisan yang mengambil tema bulan Desember. Tulisan yang menginspirasi dan mengingatkan kita sebagai kompasianer untuk merenung dan menuliskan sesuatu tentang Desember.

Desember juga seringkali di tulis December. Decem yang bermakna sepuluh (tentunya berbeda dengan realita kini bulan Desember bulan ke dua belas).

Sekali lagi, Desember bulan yang menarik dan sering menginspirasi seniman pencipta lagu. Pernahkah anda mendengar sebuah lagu Desember Kelabu? Lagu manis dan enak di dengar.

Nah, Desember kini menjadi perhatian saya sebagai kompasianer. Desember sebagai bulan terakhir di tahun 2021 menimbulkan pertanyaan kecil : berapa banyak artikel atau tulisan yang akan di publish pada bulan Desember ini?

Bila kita mau menulis sehari satu artikel berarti bulan ini kita akan mempublish 31 tulisan. Saya pribadi cukup akan menulis 13 artikel sehingga tahun ini saya akan mencapai raihan artikel berjumlah 600.

Bagi saya, bulan Desember jadi bulan kita mengintrospeksi diri akan keberadaan kita berselancar di rumah besar kesayangan kita bersama ini. Bulan untuk mengevaluasi diri. Bulan penuh semangat dan optimis melangkah. Bulan untuk mempersiapkan diri menyongsong lembaran baru tahun 2022 untuk terus berkarya yaitu menulis, membaca dan berinteraksi dengan sesama kompasianer se jagad.

Ya, bulan ini saya akan coba beropini dan melahirkan gagasan gagasan kecil untuk kompasiana. Walaupun saya sadari bahwa kadang kala gagasan kita belum di gubris pengelola kompasiana (?). 

Salah satu contoh gagasan saya kali ini adalah mengusulkan untuk dipertimbangkan admin K agar acara tahunan Kompasianival dilaksanakan pada akhir bulan Desember (3 atau 2 atau 1 hari jelang Tahun Baru: 29, 30 atau 31 Desember).  Alasannya, karena penilaian terhadap kompasianer jelas selama setahun tahun berjalan. Bagaimana kita menilai kompasianer dalam beraktivitas selama tahun 2021 misalnya sedangkan waktu penilaian hanya sampai bulan Nopember tahun berjalan....

Selanjutnya, ke depan kategori award nya perlu di tambah lagi. Jangan cuma 4 kategori selain Kompasianer of Year dan People Choice. Mungkin perlu awardnya hingga 10.  Soal hadiah dananya mungkin di kaitkan dengan program yang ada di Kementerian. Berkolaborasi dengan kementerian RI yang butuh sosialisasi program dimana kompasianer ikut berpartisipasi menulis dan menyebarkannya ke publik.

Bulan Desember kita gagas kemungkinan adanya kolaborasi antar Kompasiana dengan perusahaan besar (pengusaha berskala nasional) yang akan mempromosikan produk terbarunya kepada masyarakat. Mungkin saja kompasianer dapat di munculkan dalam iklan produk tertentu.

Inilah catatan kecil saya di bulan Desember tahun ini.(bersambung).

JM-04122021.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan