Mohon tunggu...
Johanis Malingkas
Johanis Malingkas Mohon Tunggu... Dosen

Melukiskan pikiran dan rasa lewat kata-kata

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Presiden Joko Widodo Raih Penghargaan Asian Of The Year 2019 dari "The Straits Times"

6 Desember 2019   12:32 Diperbarui: 6 Desember 2019   13:17 126 22 7 Mohon Tunggu...
Presiden Joko Widodo Raih Penghargaan Asian Of The Year 2019 dari "The Straits Times"
Presiden Joko Widodo raih penghargaan(sumber:lannyratulangi)

Presiden Joko Widodo menjadi fokus pemberitaan media massa tanah air ketika beliau di nilai para editor media Singapura sebagai Asean of Year 2019. The Straits Times menilai Joko Widodo atau Jokowi layak mendapatkan penghargaan ini karena beliau memiliki kepribadian membumi, kemampuannya berhubungan atau berkomunikasi dengan orang-orang dan berempati dengan rakyat jelata serta memenangkan hati sebagian besar pendukungnya.

Di luar negeri, Jokowi mendapatkan pujjian atas kemampuan dalam memandang ke luar cakrawala dan bergulat dengan tantangan strategis yang dihadapi negaranya.

Para editor koran berbahasa Inggeris yang berbasis di Singapura, milik Singapore Press Holding ini memuji peran Jokowi dalam menempatkan Indonesia di gerbang Asean. Gagasan yang dirancang Indonesia pada KTT Asean di Bangkok pada bulan Juni lalu di adopsi para pemimpin negara-negara anggota Asean yaitu Pandangan mengenai Indo-Pasifik. Sebuah gagasan untuk mempertahankan posisi netral kelompok regional di tengah-tengah kondisi meningkatnya persaingan antara Cina dan Amerika Serikat untuk supremasi wilayah tersebut.

Jokowi yang pertama kali memperkenalkan konsep kerjasama berdasarkan prinsip-prinsip uatama, termasuk: Keterbukaan, Inklusivitas dan Sentralitas Aseanpada KTT Asia Timur di Singapura pada November tahun lalu,

Warren Fernandez, editor The Straits Times menyatakan bahwa penghargaan ini dimaksudkan untuk menghormati seseorang yang telah memberikan kontribusi positif bagi Asia dalam prosesnya. Presiden Joko Widodo telah melakukan hal itu dengan sangat baik.Dia bukan hanya telah memenangkan masa jabatan kedua, namun dia juga telah membawa Indonesia maju. Begitupun dengan Asean.

Penghargaan yang telah memasuki tahun ke 8 ini diberikan kepada tokoh berpengaruh di Asia yang telah membuat dampak signifikan selama 12 bulan terakhir. Penerima penghargaan sebelumnya antara lain Perdana Menteri Singapura, Lee Kuan Yew, yang ditunjuk secara anumerta, Perdana Menteri India, Narendra Modi dan Presiden China Xi Jinping.

Nah, penghargaan yang telah diterima Presiden Joko Widodo ini menjadi kehormatan bagi Indonesia dan menjadi kebanggan seluruh rakyat Indonesia. Sosok Joko Widodo semakin mendunia, mungkin saja ke depan prestasi ini akan menjadi cikal bakal sosok yang akan menerima penghargaan Nobel Perdamaian, siapa tahu?

Selamat pak Presiden!!!

Manado:05122019.

sumber:kompas.com;kabar24.bisnis.com;

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x