Mohon tunggu...
Johanis Malingkas
Johanis Malingkas Mohon Tunggu... Dosen

Melukiskan pikiran dan rasa lewat kata-kata

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Potret Pertanian Indonesia Menuju Lumbung Pangan Dunia 2045

7 Mei 2019   23:26 Diperbarui: 8 Mei 2019   00:11 0 10 3 Mohon Tunggu...
Potret Pertanian Indonesia Menuju Lumbung Pangan Dunia 2045
penyemperotan padi dengan drone (uavcoach.com)

"Hidup matinya sebuah negara bergantung pada pertaniannya". Soekarno.

Negara Indoesia adalah sebuah negara agraris. Negara yang sebagian besar penduduknya bermata pencaharian petani. Sebuah negara yang berpijak pada dunia pertanian dengan berbagai jenis hasil produksinya. Sebuah negara yang dikenal subur untuk dibangun pertanian.

Namun, ironisnya potensi yang kita miliki tidak sebanding dengan keadaan yang sesungguhnya. Sosok petani sepertinya ditakdirkan dengan menanggung nasib yang malang dan selalu dirugikan dengan kebijakan yang tidak kontekstual dengan kondisi riil rakyat.

Ini gambaran atau potret buram petani dahulu yang pernah diungkap dalam rilis detiknews hampir sepuluh tahun lalu (21-12-2010) dengan judul: Potret Buram Pertanian Indonesia". 

Saat ini kondisinya telah berubah. Potret buram Pertanian Indonesia kini semakin kelihatan cerah. Saya berani katakan ini berdasarkan informasi yang dihimpun dari beberapa artikel dan pemberitaan yang ada di media massa.

Kementerian Pertanian sebagai kelembagaan pemerintah menjadi tumpuan harapan masyarakat petani di Indonesia agar kebijakan programnya akan mampu menjadikan petani hidup layak. Kementerian ini dibebani tugas oleh Presiden Joko Widodo untuk mencetak sawah 1 juta hektar di Merauke, Papua yang sudah terealisasi 250 ribu hektar. Selain itu, pencapaian target swa sembada pangan dengan komoditas padi, jagung, kedelai, bawang merah, bawang outih, gula, cabai dan daging sapi.

Adalah menarik program jangka panjang Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman yaitu menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia pada tahun 2045 mendatang.

Mentan optimis hal ini akan dicapai dan dalam setiap kesempatan selalu mengajak semua pihak untuk mendukun tercapainya cita-cita itu. Mentan mengajak semua komponen untuk mengambil bagian peran dalam kegiatan pembangunan pertanian.

Target utama pemerintah adalah mensejahterakan rumah tangga petani. Dengan menjadi lumbung pangan dunia, maka otomatis kesejahteraan petani akan terdongkrak.

Dengan semangat motto : Kerja, kerja dan kerja kita songsong era keemasan bangsa untuk mewujudkan Indonesia lumbung pangan dunia 2045.

Saya bangga dengan keberhasilan kementerian pertanian yang ditandai dengan kondisi: "mampu merobah negara yang dulunya import pangan menjadi pengeksport pangan".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3