Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

5 Tip Menghemat Air

21 September 2021   21:14 Diperbarui: 21 September 2021   21:20 88 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
5 Tip Menghemat Air
Ilustrasi. Sumber: Planet Mindful, May - June 2021, hlm. 51.

Inggris mungkin terkenal dengan curah hujannya, tetapi tidak kebal terhadap meningkatnya risiko pemborosan air. Sudah waktunya untuk berhenti mengikuti kebiasaan.

Ketika berbicara tentang kebiasaan lingkungan yang buruk, kebanyakan dari kita tahu bahwa membuang-buang air cukup tinggi dalam daftar pelanggaran lingkungan yang terburuk. Tetapi, fokus pada konservasi air tampaknya agak salah tempat di negara seperti Inggris, yang dikelilingi oleh air dan cukup banyak curah hujan! Jadi Anda akan dimaklumi jika menganggap pelestarian air lebih merupakan masalah global ketimbang sesuatu yang perlu kita khawatirkan lebih dekat ke rumah.

Sayangnya, keadaannya sudah berubah. Perusahaan air menampung hujan jauh lebih sedikit daripada yang biasanya diasumsikan orang, dan sejumlah dewan di Inggris menghadapi masalah pemborosan air.

Faktanya, Inggris sekarang memiliki lebih sedikit air yang tersedia per orang daripada kebanyakan negara Eropa lainnya, dan beberapa wilayah di Inggris memiliki lebih sedikit air yang tersedia per orang daripada beberapa negara Afrika.

Untuk mengimbangi kebutuhan kita akan air, yaitu sekitar 143 liter per orang setiap hari, perusahaan-perusahaan perlu memanfaatkan sumber air yang ada, misalnya danau dan sungai, yang bisa berdampak merusak ekosistem alam.

Perubahan iklim, dengan periode kekeringan dan gelombang panas yang lama, hanya akan memperburuk keadaan. Badan Lingkungan bahkan telah memperingatkan bahwa dalam 25 tahun Inggris tidak akan memiliki cukup air bersih dan aman untuk memenuhi kebutuhan.

Maka, jelas bahwa kita perlu berbuat lebih banyak untuk melestarikan sumberdaya yang berharga ini, hanya satu alasan mengapa organisasi nirlaba penghemat air Waterwise menjalankan #WaterSavingWeek tahunan selama Mei 2021.

Tetapi dengan air menjadi bagian integral dari kehidupan kita sehari-hari mungkin sulit untuk membayangkan tentang pengurangan air, cucian perlu dilakukan, gigi perlu disikat, dan berhenti berendam di bak mandi di akhir minggu terasa seperti pengorbanan besar! Namun, kabar baiknya adalah sebenarnya sangat mudah untuk mengurangi konsumsi air Anda tanpa harus melakukan banyak hal.

Begini caranya:
1. Pesan Perangkat Gratis Penghemat Air
Di pasaran, ada banyak perangkat penghemat air yang mudah dipasang, yang akan melakukan banyak kerja keras untuk Anda. 

Sebuah pancuran hemat air, misalnya, bisa menghemat lebih dari 26 liter air selama rata-rata 7 menit mandi tanpa mempengaruhi tekanan sama sekali, sedangkan perangkat save-a-flush di tangki toilet Anda (juga dikenal sebagai 'Hippo ') bisa menghemat hingga 3 liter air setiap kali Anda menyiram. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan