Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Belajar Mencintai Diri Sendiri

21 September 2021   09:58 Diperbarui: 21 September 2021   10:05 95 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Belajar Mencintai Diri Sendiri
Ilustrasi. Sumber: Planet Mindful, May - June 2021, hlm. 26-27.

Cinta diri adalah sumber cinta terindah yang bisa Anda terima karena cinta itu berasal dari Anda, dan tidak ada yang bisa mencintai Anda lebih dari Anda bisa mencintai diri sendiri.

Setelah tumbuh melalui banyak hubungan dan persahabatan yang tidak nyaman, Anda telah belajar bahwa hanya Anda yang bisa mencintai diri Anda sendiri sebagaimana Anda ingin dicintai.

Anda menetapkan standar untuk bagaimana Anda diperlakukan dan Anda menciptakan batasan untuk kehendak cinta Anda dan tidak akan mentoleransi. Menetapkan harapan yang tinggi agar orang lain memberi Anda apa yang tidak Anda berikan pada diri sendiri berarti membuat diri Anda kecewa.

Satu-satunya orang yang bisa Anda harapkan adalah diri Anda sendiri. Anda tahu kemampuan Anda, dan Anda tahu kekuatan dan kelemahan Anda, keindahan dalam hal ini adalah Anda juga tahu bagaimana Anda bisa meningkatkan, belajar, dan menyembuhkan.

Kapan terakhir kali Anda mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda mencintai diri sendiri, atau bahwa Anda lebih dari mampu untuk menyembuhkan dan berkembang? Kapan terakhir kali Anda mendorong diri sendiri untuk pergi melakukan sebuah pekerjaan dan meningkatkan ruang Anda untuk berada di sekitar orang-orang yang meniru energi positif, seperti Anda? Kapan terakhir kali Anda meninggalkan persahabatan atau hubungan karena tidak lagi melayani tujuannya? Cinta diri adalah inti dari siapa Anda. Ini adalah salah satu pengalaman paling menantang yang Anda alami karena melibatkan lebih dari sekadar merawat tampilan luar Anda.

Ilustrasi. Sumber: Planet Mindful, May - June 2021, hlm. 28-29.
Ilustrasi. Sumber: Planet Mindful, May - June 2021, hlm. 28-29.
Kekuatan Afirmasi
Belajarlah untuk mengatakan "tidak," belajarlah untuk melepas pergi, dan belajarlah untuk mengetahui apa yang pantas Anda dapatkan.

Pemahaman pertama tentang cinta diri berasal dari ketika Anda masih kecil dan melalui sebuah buku afirmasi. Sebelum itu, Anda pikir agak sia-sia bagi seseorang untuk mencintai dirinya sendiri. Tetapi mempertanyakan pendapat itu membuat Anda membuka bagian indah dari hidup Anda yang sekarang dan mengilhami Anda untuk hidup dengan tujuan dan keyakinan.

Cinta diri Anda bisa ditantang setiap hari dengan cara Anda memilih untuk melihat diri Anda sendiri saat pertama kali melihat ke cermin. Kisah rambut alami Anda bisa memicu sebuah perjalanan cinta-diri yang indah, karena mungkin Anda akan menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk belajar mencintai sebagian dari diri Anda, bukan seluruh diri Anda. Itu adalah siklus yang tidak sehat dan Anda akan menjadi bergantung padanya untuk merasa dan terlihat cantik.

Agar Anda tumbuh dan berkembang, Anda harus mengalami ketidaknyamanan. Saat-saat pertumbuhan dramatis Anda datang karena tidak bahagia akan sesuatu, tetapi sekarang Anda berada di ruang yang selalu ingin tumbuh dan bekerja pada aspek diri Anda, bahkan ketika Anda sedang sangat nyaman dengan siapa diri Anda.

Jadi, meskipun Anda puas dengan penampilan Anda, Anda tetap berusaha untuk meningkatkan kebugaran, diet, dan bahkan mengasuh orang-orang dalam hidup Anda.

Menuliskan Afirmasi
Kampanye cinta-diri mengharuskan Anda untuk menuliskan apa yang Anda sukai tentang diri Anda dalam sebuah buku catatan. Mungkin pada saat itu Anda merasa sangat rendah, dan untuk waktu yang lama bergantung pada kata-kata orang lain untuk meningkatkan harga diri Anda. Menulis afirmasi ini mengingatkan Anda bahwa Anda memiliki kekuatan untuk menguraikan bagaimana saya melihat diri Anda sendiri, dan ini membuat Anda merasa baik.

Kemudian, Anda mempraktikkan bentuk perawatan diri di mana pun Anda berada dan juga dalam catatan saya setiap kali Anda perlu memberi diri Anda dorongan positif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan