Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

12 Cara Mengubah Hidup Anda

21 September 2021   04:31 Diperbarui: 21 September 2021   04:50 87 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
12 Cara Mengubah Hidup Anda
Ilustrasi. Sumber: Planet Mindful, May - June 2021, hlm. 12.

Pelatih dan penulis Alexander Butler menjelaskan bagaimana konsep sederhana tapi mengubah hidup ini bisa membantu kita membangun kehidupan yang lebih memuaskan, damai, dan sukses.

1. Jalani Kehidupan dengan Niat
Sangat mudah untuk jatuh ke dalam pola pikir pasif di mana kita merasa seperti segala sesuatu terjadi begitu saja pada kita. Kita kehilangan kekuatan atas pilihan kita sendiri, mengandalkan orang lain untuk membuat keputusan bagi kita, mengeluh bahwa segala sesuatu tidak seperti yang kita inginkan.

Hal-hal menakjubkan terjadi ketika kita menerima bahwa hidup sepenuhnya adalah tanggungjawab kita sendiri. Hidup Anda, apa adanya sekarang ini, adalah hasil dari pilihan Anda.

Anda memilih arah hidup Anda: Anda adalah penulis cerita Anda sendiri. Fokuslah pada pengembalian kekuatan ke pilihan sadar Anda sendiri, dan mulailah mengidentifikasi semua cara kecil yang Anda biarkan orang lain buat pilihannya untuk Anda atau mencuri kekuatan Anda, sebagai rute langsung untuk menjadi lebih percaya diri, lebih tegas, dan merasa lebih berdaya.

Ilustrasi. Sumber: Planet Mindful, May - June 2021, hlm. 13.
Ilustrasi. Sumber: Planet Mindful, May - June 2021, hlm. 13.

2. Terima Sifat Anda dan Penuhi Kebutuhan Anda
Manusia memiliki kebutuhan bawaan tertentu, mulai dari kebutuhan makan dan perlindungan terhadap kebutuhan emosi, rasa aman, ekspresi kreatif, dan rasa memiliki.

Jika Anda mengetahui, memahami, dan menerima kebutuhan intrinsik Anda, Anda akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memenuhinya.

Kebutuhan yang tidak terpenuhi akan selalu berusaha mencari cara untuk dipenuhi, dan hal ini bisa menyebabkan kita bertindak tidak menentu atau melakukan hal-hal yang tidak kita pahami atau tidak kita harapkan.

Saat kita menjadi lebih sadar akan kebutuhan kita, kita mendapatkan lebih banyak kearifan tentang proses batin kita, dan kita mendapatkan kendali yang sehat atas diri kita yang kita pilih sendiri.

Kehidupan yang memuaskan adalah kehidupan yang memenuhi semua kebutuhan Anda, jadi memahaminya sangat penting. Seringkali, menyadarinya juga memungkinkan kita untuk bertindak lebih konsisten, lebih efektif, dan ini memungkinkan kita membangun gaya hidup yang memuaskan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...
Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan